Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Waka BPIP Kenalkan Salam Pancasila Ke Mahasiswa UT

Senin, 27 Februari 2023 10:20 WIB
Seminar akademik dan wisuda daerah di Gedung Universitas Terbuka. (Foto: Ist)
Seminar akademik dan wisuda daerah di Gedung Universitas Terbuka. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Ketua Ikatan Alumni Universitas Terbuka (IKA UT) Jakarta, Karjono mengenalkan Salam Pancasila ketika mensosialisasikan program-program IKA UT kepada ribuan peserta seminar akademik dan wisuda daerah di Gedung Universitas Terbuka Convention Center, Sabtu (25/2).

"Saya juga sebagai Wakil Kepala BPIP akan mensosialisasikan tentang Salam Pancasila," ujarnya seraya mencontohkan gerakan salam.

Baca juga : BPIP Susun Buku Pendidikan Pancasila

Kemudian, Karjono memotivasi para calon wisudawan untuk bangga telah menempuh pendidikan di UT.  Pasalnya UT termasuk Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) yang memiliki otonomi penuh untuk mengelola kampus sendiri.

"UT termasuk PTN-BH yang merupakan level tertinggi dari perguruan tinggi yang ada di Indonesia, jumlahnya baru 21. Selain itu pada 2019 penerimaan PNS di Indonesia yang terbanyak adalah dari Universitas Terbuka, berdasarkan data dari BKN (Badan Kepegawaian Negara). Jadi kita harus bangga dengan UT," bebernya.

Baca juga : Hanura Siap Balik Ke Senayan

Karjono juga berpesan dalam keseharian harus mempunyai tujuan hidup yang jelas, mengetahui prioritas, integritas dan kejujuran. "Yang paling utama adalah integritas, yang paling utama lagi  jujur, karena sederhana itu belum tentu jujur, tapi kalau jujur itu pasti sederhana," bilang birokrat asal Klaten, Jawa Tengah ini.

Selain itu, Karjono mendorong para wisudawan agar menjadi manusia yang pintar dan benar. "Saya yakin semuanya disini adalah orang pintar, tapi lebih penting adalah benar. Tidak semua yang benar itu pintar, tidak semua orang pintar itu benar, lebih baik jadi orang yang benar walaupun tidak pintar. Akan lebih bahaya kalau jadi orang yang pintar tapi tidak benar. Saya yakini semua adik-adik adalah orang yang pintar dan benar," tuturnya disambut tepuk tangan para peserta.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.