Dark/Light Mode

Tokopedia Bersama Kementerian Investasi Bantu UMKM Perempuan Miliki NIB

Senin, 6 Maret 2023 20:54 WIB
Konferensi pers menyambut Hari Perempuan Sedunia: Tokopedia bersama Pemerintah lindungi dan berdayakan pegiat usaha perempuan dengan miliki nomor induk berusaha (NIB), di Jakarta, Senin (6/3). (Foto: Istimewa)
Konferensi pers menyambut Hari Perempuan Sedunia: Tokopedia bersama Pemerintah lindungi dan berdayakan pegiat usaha perempuan dengan miliki nomor induk berusaha (NIB), di Jakarta, Senin (6/3). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Staf Khusus dan Juru Bicara Kementerian Investasi/BKPM, Tina Talisa menjelaskan, manfaat lain yang bisa didapatkan perempuan pelaku UMKM setelah memiliki NIB, yaitu lebih mudah mengakses pembiayaan (perbankan) untuk pengembangan usaha, lebih mudah mengakses program bantuan dari pemerintah, memiliki kepastian atau perlindungan hukum terhadap usaha.

"NIB adalah pintu masuk bagi para pelaku usaha, termasuk perempuan, untuk pengurusan dokumen lanjutan, seperti sertifikasi halal, SPP-IRT, SNI, dan lain sebagainya," jelas Tina.

Selain memfasilitasi dan melakukan sosialisasi NIB bersama Kementerian Investasi/BKPM, Tokopedia melakukan berbagai inisiatif lain untuk memberdayakan perempuan pelaku UMKM agar semakin meraja di negeri sendiri.

Baca juga : Kebut Ekosistem Kendaraan Listrik, Pemerintah Kasih Bantuan Pembelian Mulai Maret

Saat ini sudah ada sekitar 12 juta penjual yang bergabung dengan Tokopedia dan hampir 100 persennya UMKM termasuk yang digerakkan oleh perempuan.

Riset LPEM FEB UI 2020 menjelaskan  bahwa jumlah perempuan pegiat UMKM yang memulai bisnis dari nol lewat Tokopedia selama pandemi hampir 1,5x lipat lebih tinggi dibanding laki-laki.

Stephanie Nursalim,  pemilik Usaha MORNINGSOL, memberdayakan sejumlah perempuan perajin di Sukoharjo, Jawa Tengah. MORNINGSOL memanfaatkan platform daring Tokopedia untuk menjual berbagai jenis produk fesyen perempuan, seperti blus, kemeja, celana dan gaun.

Baca juga : Pemerintah Kudu Dorong Investasi Masuk Ke Daerah

“Penjualan MORNINGSOL hampir 50 persen terjadi lewat Tokopedia. Kami sangat mengapresiasi upaya Tokopedia bersama pemerintah dalam memfasilitasi dan melakukan sosialisasi NIB, yang semakin memudahkan lebih banyak pelaku UMKM dalam memperoleh izin usaha,” jelas Stephanie.

Vica Mardika Wong selaku pemilik usaha Kemayu and Co, yang memproduksi berbagai jenis pengharum ruangan khas Indonesia, dengan memberdayakan karyawan yang hampir seluruhnya perempuan, mengungkapkan hal senada terkait manfaat kepemilikan NIB.

“NIB membantu kami mengembangkan usaha lebih jauh. Setelah memiliki NIB dan menjadi official store di Tokopedia, Kemayu and Co mengalami peningkatan pesanan sekitar 6 kali lipat," kata Vica.

Baca juga : Persiapan Pemilu Terus Berjalan, Kemendagri: Jangan Percaya Isu Penundaan Pemilu

Berbagai peningkatan yang terjadi pada perempuan pelaku UMKM, Tokopedia juga mencatat temuan menarik dari sisi perempuan sebagai pembeli pada awal 2023. Kenaikan jumlah perempuan pembeli mencapai hampir 40 persen dibandingkan periode yang sama sebelum pandemi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.