Dark/Light Mode

BPDPKS Dukung Pemberdayaan UMKM Melalui Program Bikopra Aspekpir

Selasa, 7 Maret 2023 17:02 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menyatakan dukungannya terhadap program pemberdayaan Usaha Kecil, Menengah dan Koperasi melalui program Bikopra Aspekpir.

Program Bikopra Aspekpir itu sendiri diperkenalkan kepada petani kelapa sawit plasma di Sumatra Utara (Sumut) anggota melalui kegiatan Bimbingan Teknis UMKM Bikopra yang dilaksanakan di Medan, 6-8 Maret 2023.

Aspekpir atau Asosiasi Petani Kelapa Sawit Perusahaan Inti Rakyat merupakan organisasi tempat berkumpulnya petani kepala sawit plasma di Indonesia yang beranggotakan 406.739 orang dengan luas lahan kelapa sawit yang dikelola mencapai 813.478 hektar.

Baca juga : Telkom Optimalkan Pemberdayaan Mantan Napiter Di Jawa Timur

Sedangkan program Bikopra adalah singkatan dari Bangun Industri UMKM Sejahtera yang digagas oleh Aspekpir Indonesia untuk mengembangkan kewirausahaan di desa-desa penghasil kelapa sawit di seluruh Indonesia dengan memanfaatkan potensi limbah dari kelapa sawit menjadi bernilai ekonomis tinggi.

Wakil Gubernur Sumatera Utara H Musa Rajeckshah saat membuka kegiatan tersebut mengaku sangat senang dan mendukung kegiatan Bimtek Bikopra bagi anggota Aspekpir Sumut. 

Ia berharap, para petani kelapa sawit anggota Aspekpir Sumut bisa semakin naik kelas setelah mengikuti kegiatan Bimtek Bikopra.

Baca juga : BPIP Berikan Pembekalan Ke Purna Paskibraka Duta Pancasila Angkatan 2021

"Dulu kami juga petani plasma," katanya di Medan, Selasa (7/3), disambut tempuk tangan peserta Bimtek.

Musa hadir membuka secara resmi acara Bimtek UMKM Bikopra Anggota Aspekpir Sumut didampingi sejumlah pejabat.

Ia didampingi Wakil Bupati Batubara Oky Iqbal Prima, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Sumut Lies Handayani Siregar, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sumut Nazli, serta Kepala Divisi UKMK BPDPKS Helmi Muhansyah.

Baca juga : BI Dukung Penerbitan Kode Etik Pasar Keuangan

Ketua Umum Aspekpir Setiyono, Ketua Dewan Pengawas DPP Aspekpir Rusman Heriawan, Kepala Sekretariat Aspek-PIR Effendi Pasaribu, Wakil Ketua Aspekpir Agus Sutarman, Bendahara Umum Aspekpir Sutoyo, Ketua DPD I Aspekpir Sumut Syarifudin Sirait, serta anggota dan pengurus Aspekpir Sumut.

Kepala Divisi UKMK BPDPKS Helmi Muhansyah mengatakan, banyak program BPDPKS yang dapat diakses oleh petani kelapa sawit anggota Aspekpir di Sumut.

"Kami di BPDPKS memiliki berbagai program yang bisa diakses masyarakat Sumatra Utara," katanya, saat memberikan sambutan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.