Dark/Light Mode

BPDPKS Dukung Pemberdayaan UMKM Melalui Program Bikopra Aspekpir

Selasa, 7 Maret 2023 17:02 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Program tersebut antara lain pembangunan sumber daya manusia, seperti pemberian beasiswa bagi pelajar untuk perkuliahan.

Kemudian program pendukungan kegiatan riset dan pengembangan, peremajaan kelapa sawit, sarana dan prasarana, pemenuhan pangan dan program hilirisasi hingga B-35.

"Kegiatan bimbingan teknis UMKM Bikopra ini merupakan bagian dari program kemitraan sesuai dengan tugas BPDPKS yakni menghimpun, mengelola dan menyalurkan dana yang berasal dari pungutan ekspor kelapa sawit Indonesia," kata Helmi.

Baca juga : Telkom Optimalkan Pemberdayaan Mantan Napiter Di Jawa Timur

Ketua Umum Aspekpir Setiyono mengatakan, program Bikopra yang digagas Aspekpir didedikasikan untuk seluruh anggota di Indonesia.

Program ini sudah memiliki pilot project di satu desa di Riau dengan memanfaatkan limbah sawit dan menghasilkan pakan ternak, sehingga mampu melakukan budidaya ternak sapi.

"Desa tersebut telah menjadi salah satu andalan untuk memasok kebutuhan daging di wilayah sekitar desa. Keberhasilan di desa itu menjadi inspirasi bagi Aspekpir untuk dikembangkan ke desa-desa lainnya melalui program Bikopra yang didukung oleh BPDPKS," tutur Setiyono.

Baca juga : BPIP Berikan Pembekalan Ke Purna Paskibraka Duta Pancasila Angkatan 2021

Ketua DPD I Aspekpir Sumut Syarifudin Sirait mengatakan, kegiatan Bimtek UMKM Bikopra dilakukan untuk membangkitkan gairah berusaha bagi anggota Aspekpir yang merupakan petani kelapa sawit.

Dalam rangka mengelola limbah yang tersedia di sekitar kebun kelapa sawit menjadi suatu barang yang bernilai tinggi, terutama dalam kerangka program sistem integrasi ternak sapi-kelapa sawit.

Kegiatan ini sangat penting bagi Sumut, mengingat potensinya yang sangat besar. Sumut merupakan provinsi dengan areal terluas kedua setelah Riau, yang memiliki penyebaran perkebunan kelapa sawit di 15 kabupaten, dengan luas areal perkebunan kelapa sawit mencapai lebih dari 1,3 Juta hektar.

Baca juga : BI Dukung Penerbitan Kode Etik Pasar Keuangan

"Keberhasilan program ini sangat berarti bagi Sumut dalam rangka membuka lapangan kerja bagi keluarga dan masyarakat sekitar bahkan mendukung swasembada sapi," pungkas Syarifudin. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.