Dark/Light Mode

Pendampingan Usaha Ultra Mikro Dukung Target 30 Juta UMKM Terhubung Digital Di 2024

Selasa, 7 Maret 2023 18:24 WIB
Pendampingan usaha Ultra Mikro mendukung UMKM terhubung digital. (Foto Ilustrasi: Istimewa)
Pendampingan usaha Ultra Mikro mendukung UMKM terhubung digital. (Foto Ilustrasi: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Bidang Kewirausahaan Dewi Meisari Haryanti mengatakan, dalam mendukung perkembangan e-commerce di Indonesia, pihaknya secara aktif juga mendorong pelaku UMKM. Terutama ultra mikro untuk bisa mengadaptasi teknologi dalam kegiatan usahanya.

Langkah ini menurut Dewi bertujuan agar pelaku ultra mikro yang memiliki literasi keuangan yang rendah, bisa memperbaiki hidupnya dan meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

Baca juga : Pemprov Jateng Targetkan 2,4 Juta Ternak Divaksin Tahun Ini

Dewi menambahkan, di sektor ultra mikro, mereka bisa bertahan dan mengandalkan pendapatan dari hasil jualannya saja sudah Alhamdulillah.

"Saya punya cita-cita bagaimana mereka ini sejahtera. Dengan paham teknologi mereka bisa mendapatkan banyak keuntungan bagi hidupnya. Kuncinya adalah pendampingan bagi mereka,” tuturnya dalam keterangannya, Selasa (7/3).

Baca juga : Pertamina Targetkan 300 Mobil Tangki di Tahun 2025

Kadin bersama komunitas yang dibinanya yaitu, UKM Indonesia.id yang beranggotakan 35 ribu orang, menyiapkan pelatihan close loop mengajak perusahaan untuk memberikan pendidikan dan pembelajaran bagi ultra mikro yang lebih efektif.

“Bukan hanya menggelar webinar di hotel mewah atau sekadar pendekatan ceremonial yang minim impact. Tetapi kami benar-benar membina mereka dari nol hingga mereka bisa upload content, jualan menghasilkan keuntungan, hingga akhirnya mereka mengerti neraca keuangan, bisa menabung untuk kehidupan mereka yang lebih baik,” tegas Direktur UKM Center Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.