Dark/Light Mode

Pahlawan Digital Diharap Percepat Target 30 Juta UMKM Go Digital Tercapai

Rabu, 7 Desember 2022 11:42 WIB
Foto: Dok.Kemenkop UKM
Foto: Dok.Kemenkop UKM

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) terus menggenjot target 30 juta UMKM onboarding digital hingga tahun 2024.

Salah satu upaya yang dilakukn yaitu melalui gelaran Pahlawan Digital UMKM 2022 yang saat ini telah sukses melahirkan tiga juara terpilih, yakni Surplus, Warjali dan Djoin.

Baca juga : Ganjar Yakin Target Pengangkatan Sejuta Guru Tercapai

Ketiganya menjadi yang terbaik dari 10 inovator muda digital yang selama ini mendampingi, serta mengembangkan UMKM.

Selanjutnya mereka akan menjadi mitra Kemenkop UKM, untuk menjadi aggregator UMKM lainnya dalam percepatan target 30 juta UMKM onboarding digital.

Baca juga : Moeldoko Bocorkan Strategi Pemerintah Percepatan Transformasi Digital

Deputi bidang Kewirausahaan Kemenkop UKM Siti Azizah, per November 2022, sebanyak 20,24 juta UMKM sudah onboarding digital artinya sudah hampir 30 persen total pelaku UMKM sudah onboarding digital, atau 60 persen dari target dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk bisa mendorong 30 juta pelaku UMKM yang go digital UMKM.

“Kalau kita lihat proyeksi ekonomi digital Indonesia sangat luar biasa yaitu sebesar Rp 4.531 triliun sampai dengan tahun 2030. Para pelaku UMKM peserta digital jangan khawatir market dan kesempatan masih sangat terbuka lebar,” katanya dalam acara Awarding Day Pahlawan Digital UMKM 2022, di Pos Bloc, Jakarta, Selasa (6/12).

Baca juga : Sinergi Pemerintah Dan Swasta Percepat Target Swasembada Gula

Kemenkop UKM kata Azizah, mendukung gerakan UMKM untuk onboarding digital. Kemenkop UKM juga sudah sejak tahun lalu mengembangkan serta melatih pelaku UMKM untuk berubah digital.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.