Dark/Light Mode

Pelayanan Publik Naik, Menkop Teten Acungi Jempol Ombudsman

Jumat, 10 Maret 2023 22:27 WIB
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki bersama Ketua Ombudsman, Mokhammad Najih. (Foto: Ist)
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki bersama Ketua Ombudsman, Mokhammad Najih. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengapresiasi, Ombudsman RI atas kinerjanya dalam mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik oleh penyelenggara negara dan Pemerintah. Pengawasan Ombusdman terbukti mendongkrak kualitas pelayanan publik.

“Ombudsman telah memberikan imbas positif terhadap pengelolaan pemerintah dan negara, sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” ujarnya ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Jumat (10/3).

Ia mengatakan, kehadiran Ombudsman semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, salah satunya melalui survei indeks pelayanan publik serta penganugerahan predikat kepatuhan standar pelayanan publik terbaik. Di mana pada 2022 Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) berada di dalam zona hijau, opini kualitas tertinggi kategori A dengan nilai 88,13.

Baca juga : Bantu Koperasi Dan UMKM Naik Kelas, Menteri Teten Perkuat BLU Kemenkop UKM

“Saya merasa bangga telah berkesempatan menjadi bagian dari keluarga Ombudsman, terlebih lagi dengan impact positif yang diberikan oleh Ombudsman kepada pengelolaan pemerintah dan negara ini,” katanya.

Pada ulang tahun Ombudsman yang ke-23 tahun tersebut, Teten berharap, mereka dapat terus konsisten dalam melaksanakan kewenangannya untuk membentuk ekosistem penyelenggara negara yang bermartabat dengan mengedepankan transparansi, karena menurutnya perbaikan kualitas pelayanan publik yang dinikmati langsung oleh masyarakat adalah pekerjaan yang tidak pernah berhenti.

“Semoga Ombudsman dapat terus meningkatkan peran pengawasannya guna mewujudkan pelayanan publik yang semakin berkualitas, serta dapat terus bersinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak pemangku kepentingan,” harapnya.

Baca juga : Kerabat Nyusul Ke KPK, Ricky Acungkan Jempol

Ketua Ombudsman, Mokhammad Najih mengatakan, sepanjang 2022, Ombudsman menerima 8.292 laporan masyarakat dan 11.427 konsultasi masyarakat di seluruh Indonesia. "Hal ini menunjukkan kesadaran masyarakat memperoleh hak pelayanan publik yang lebih baik," kata Najih.

Ia turut menyampaikan apresiasi kepada para pemangku kepentingan dan penyelenggara pelayanan atas kinerja dan kontribusi terbaiknya. Juga kepada masyarakat yang telah memberikan kepercayaan dan partisipasi aktif terhadap penyelesaian permasalahan pelayanan publik. 

“Semoga kinerja Ombudsman semakin baik dan memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik," ungkap Najih.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.