Dark/Light Mode

WSIS Forum 2023: Kemitraan Multi Stakeholder Dorong Pemberdayaan Literasi Digital

Sabtu, 25 Maret 2023 13:46 WIB
WSIS Forum yang digelar di Kota Jenewa Swiss. (Foto: Dok. Kemenkominfo)
WSIS Forum yang digelar di Kota Jenewa Swiss. (Foto: Dok. Kemenkominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo)berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan workshop dengan tema “Empowering the Multi-stakeholder Partnership to Strengthen Digital Literacy Initiatives” dalam WSIS Forum 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan di International Conference Centre Geneva (CICG) Kota Jenewa, Swiss pada Kamis (16/3) lalu.

Baca juga : WSIS Forum 2023, Dorong Peran Korporasi pada Inklusi Digital

Workshop yang dilaksanakan secara hybrid ini menekankan peningkatan keterlibatan antara berbagai pemangku kepentingan. Survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan Kemenkominfo dan Katadata Insight Center (KIC) pada tahun 2022 menunjukkan bahwa kapasitas literasi digital masyarakat Indonesia dinilai “sedang”, yaitu sebesar 3.54 dari 5.00.

Berdasarkan hal tersebut, Kemenkominfo berkolaborasi dengan sejumlah komunitas dan kelompok masyarakat untuk melakukan literasi kepada masyarakat tentang materi yang didasarkan pada 4 Pilar Utama Literasi Digital, yaitu kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital.

Baca juga : Sambut Ramadhan 2023, Sahabat Ganjar Gelar Doa Bersama Ratusan Santri Di Sampang

Pertanyaan yang ditujukan kepada Mei Lin Fung dari People-Centered Internet mengenai tantangan yang dihadapi oleh masyarakat terkait akses internet.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.