Dark/Light Mode

Shopee Barokah Umumkan Pemenang Kompetisi Bisnis Digital Santripreneur

Kamis, 30 Maret 2023 21:24 WIB
Salah seorang pemenang kompetisi bisnis digital santripreneur yang digelar Shopee Barokah. (Foto: Dok. Shopee Barokah)
Salah seorang pemenang kompetisi bisnis digital santripreneur yang digelar Shopee Barokah. (Foto: Dok. Shopee Barokah)

 Sebelumnya 
Menurutnya, kalau masuk digital itu jangkauannya lebih luas. Pelatihan ini menjadi begitu penting agar kualitas bagus, kemasan bagus, apalagi dipasarkan secara digital, makin banyak yang beli.

Kompetisi bisnis digital untuk para santri ini merupakan rangkaian dari program pelatihan bisnis ‘Dari Pesantren untuk Pesantren’ bagi 1.000 santri di sejumlah daerah.

Pemenang kompetisi ini merupakan pelaku usaha santri terpilih yang telah mengoptimalkan usahanya secara online bersama Shopee Barokah.

Baca juga : The Coffeenomic CEO Talks, Wujudkan Transformasi Digital Yang Menyeluruh

Para pemenang berasal dari pondok pesantren di berbagai daerah yang tersebar di Jawa Tengah, di antaranya dari Jepara, Semarang, Kudus, Tegal dan Salatiga.

Shopee Barokah mengumumkan lima produk terbaik karya Santri dan mendapatkan modal usaha, serta paket umrah. Dari hampir 300 toko milik Santri yang mengikuti kompetisi ini,

Shopee Barokah menyeleksi peserta dengan memerhatikan beberapa aspek. Di antaranya, performa penjualan toko di Shopee selama 3 bulan terakhir, pengembangan produk inovatif, manajemen toko dan produk yang sesuai dengan kaidah Islam, serta pengembangan bisnis dan strategi marketing.

Baca juga : Pake Motor Listrik, Bisnis UMKM Bakal Makin Ngacir

Dinda Niswatul Umah, Santri pemilik toko Barokah Snack asal Pondok Pesantren Toriqot Mu'Tabaroh, Semarang (Jateng) mengatakan, kemasan yang menarik adalah strategi utama dalam menyuguhkan produk agar menarik perhatian pembeli.

Ia mengakui, banyak hal yang perlu diperhatikan untuk membuka usaha. Salah satunya, ialah tak pernah berhenti belajar bisnis dengan berbagai cara.

Disaat banyak orang juga berjualan camilan, ia terus berpikir mencari pembeda. “Saya membuat kemasan yang menarik dan sesuai segmen anak muda. Harganya juga terjangkau untuk mahasiswa dan santri," tutur Dinda.

Baca juga : Selamat, Bank DKI Dinobatkan Sebagai Bank Inovasi Digital Terbaik

Menciptakan ciri khas atau pembeda produk ini lah yang Dinda pelajari terus menerus dari berbagai pelatihan bisnis. Termasuk pelatihan dari Shopee Barokah mengenai cara jualan online.

Awalnya, Dinda sempat pesimistis untuk dapat menjadi peserta kompetisi bisnis digital. Namun, para pemateri dari Tim Pengembangan UMKM Shopee yang komunikatif, mendorongnya untuk memberanikan diri mengoptimalkan strategi usahanya dengan mempraktekkan materi yang diberikan.

“Saya jadi tahu cara meningkatkan traffic kunjungan toko saya. Masya Allah, penjualan saya meningkat jauh. Saat ini selalu ada penjualan setiap harinya dan Alhamdulillah menjadi pemenang juara satu kompetisi,” ujar Dinda. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.