Dark/Light Mode

Rektor IPDN: Pemilu Amanat Konstitusi, Tidak Mungkin Ditunda Dan Diundur

Selasa, 14 Maret 2023 17:38 WIB
Rektor IPDN Hadi Prabowo. (Foto: IPDN)
Rektor IPDN Hadi Prabowo. (Foto: IPDN)

RM.id  Rakyat Merdeka - DaIam rangkaian Dies Natalis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) menggelar seminar nasional, dengan tema "Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 dalam Mewujudkan Pemilu yang Berkualitas, Demokratis, Jujur, Adil dan Bermartabat". 

Seminar nasional tersebut digelar di Balairung IPDN Jatinangor Sumedang, Selasa (14/3). Hadir dalam kesempatan itu para narasumber dari berbagai lembaga dan elemen.

Baca juga : Eks Napi Sulit Jadi Senator

Rektor IPDN Hadi Prabowo menyatakan, penyelenggaraan seminar nasional diharapkan mampu menyatukan persepsi dan meningkatkan sinergitas penyelenggaraan Pemilu.

"Karena keberhasilan Pemilu tidak hanya ada di tangan penyelenggara dan peserta Pemilu saja tapi juga harus mendapat dukungan baik dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, partai politik, organisasi masyarakat, media masa dan masyarakat Indonesia secara menyeluruh," ujar Hadi

Baca juga : Elektabilitas Tinggi, Bukan Tidak Mungkin Erick Thohir Diusung PDIP

Menurutnya, sebagai bagian dari masyarakat Indonesia harus mendukung penuh penyelenggaraan Pemilu, yang merupakan amanah yang tercantum dalam kalender konstitusi yang tidak mungkin ditunda atau dimundurkan.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan, peserta Pemilu, partai politik telah ditetapkan pada tanggal 14 Desember 2022 yang lalu sebanyak 24 partai politik, yang terdiri atas 18 partai politik nasional dan 6 partai lokal di Aceh.

Baca juga : Cetak Hattrick Pemilu 2024, Banteng Kota Bekasi Siapkan Saksi Militan

Kemudian untuk pendaftaran calon presiden dan wakil presiden serta calon anggota DPR, DPRD dan DPD belum dilaksanakan.

"Pendaftaran calon presiden dan wakil presiden akan dilakukan pada Oktober 2023 sedangkan pendaftaran calon anggota DPR, DPRD dan DPD akan dilaksanakan Mei 2023. Adapun nanti penetapan calon tetap untuk presiden dan wakil presiden serta anggota DPR, DPRD dan DPD akan ditetapkan 25 November 2023," imbuhnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.