Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hemat Bahan Bakar Hingga 75 Persen

Pake Motor Listrik, Bisnis UMKM Bakal Makin Ngacir

Minggu, 26 Maret 2023 07:30 WIB
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo. (Foto: Dok. PLN).
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo. (Foto: Dok. PLN).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah didorong memberikan insentif untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar mudah memiliki kendaraan berbasis baterai. Sebab, hal ini diyakini membuat bisnis semakin efisien.

Pengamat dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno berpendapat, percepatan akselerasi kendaraan listrik sangat penting dilakukan.

Namun, berbagai bantuan dan kemudahan yang diberikan se­baiknya bukan hanya ditujukkan untuk individu atau perorangan saja. Tetapi, ke sektor usaha yang bisa berdampak terhadap kinerja perekonomian.

Baca juga : Hemat dan Ramah Lingkungan, Motor Listrik Siap Bersaing di pasar Otomotif

“Kemudahan untuk memiliki kendaraan listrik sebaiknya ditu­jukan juga untuk UMKM. Karena, sektor ini bisa meningkatkan sisi perekonomian,” ujar Djoko ke­pada Rakyat Merdeka, kemarin.

Langkah ini rupanya telah dilakukan PT PLN. Perusahaan setrum ini sudah mendorong pelaku UMKM untuk beralih ke kendaraan listrik. Karena, dengan memakai kendaraan lis­trik, biaya operasional semakin efisien. Sehingga bisa membuat kinerja usaha makin ngacir.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, pihaknya telah memberikan ban­tuan hingga 134 unit kendaraan listrik untuk pelaku UMKM di berbagai daerah pada 2021-2022.

Baca juga : Motor Listrik Diskon 7 Juta Bakal Direalisasikan Maret

Hal ini untuk mendukung penuh langkah Pemerintah dalam memberikan bantuan kepada pelaku UMKM, agar bisa memiliki kendaraan listrik.

“Bila dibandingkan dengan yang berbahan bakar BBM (Bah­an Bakar Minyak), hematnya bisa sampai 75 persen. Artinya, ini bisa menggeser dari energi impor yang mahal ke energi domestik yang lebih murah,” ujar Darmawan di Jakarta, Kamis (23/3).

Sebagai informasi, Pemerintah memberikan potongan harga hingga Rp 7 juta untuk pembe­lian motor listrik baru dan kon­versi kendaraan BBM ke listrik.

Baca juga : Manjakan Konsumen, Motor Listrik Segway Kini Bisa Diservis Di Bengkel Otoklix

Untuk mempercepat penetrasi kendaraan listrik ke masyarakat, pada Sabtu (11/3) lalu, PLN juga berkolaborasi dengan tiga manu­faktur motor listrik, yaitu Volta, Selis dan GESITS, serta Indone­sia Battery Corporation (IBC).

Darmawan menjelaskan, lewat kerja sama ini, masyarakat yang ingin membeli motor listrik, bisa memanfaatkan fitur marketplace, yang tersedia di PLN Mobile.

“Pembelian dengan bantuan Pemerintah, langsung terkoneksi dalam PLN Mobile,” terangnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.