Dark/Light Mode

Genjot Kreativitas Seniman, Desainer Migi Rihasalay Bangun Kampung Joglo Di KEK Tanjung Lesung

Senin, 3 April 2023 15:16 WIB
Ksmpung Joglo yang dihadirkan desainer Mogi Rihasalay di KEK Tanjung Lesung, Banten. (Foto: Istimewa)
Ksmpung Joglo yang dihadirkan desainer Mogi Rihasalay di KEK Tanjung Lesung, Banten. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Migi Rihasalay yang dikenal sebagai desainer fashion tematik Indonesia, bersama suaminya Andrew James bertekad mewujudkan impian membangun Kampung Joglo di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten.

Di atas lahan seluas 8.000 meter persegi tersebut didirikan sejumlah bangunan khas Jawa yang bakal diperuntukan sebagai ajang kreatif para seniman. Pembangunan Kampung Joglo yang dimulai dari tahun 2016 kini sudah hampir selesai dan ditargetkan akan diresmikan tahun ini.

Baca juga : Lewat Seminar Kreatif, Teman Sandi Berharap Angka Pengangguran Di Kalsel Berkurang

Untuk mewujudkan impian tersebut, Migi dan suami setiap bulannya menghabiskan dana yang besar karena tiap bangunan joglo, bahannya didatangkan khusus dari Jepara dan daerah lainnya di Jawa Tengah.

"Akhir tahun 2023 ini semoga semuanya bisa rampung dan bisa digunakan untuk berbagai kegiatan kreatif bersama para seniman di Indonesia," papar Migi usai meninjau lokasi Kampung Joglo, Senin (3/4).

Baca juga : Dukung Kondusivitas Di Jalanan, Ganjar Milenial Kota Bandung Gandeng Valvoline Racing Team

Menurutnya, ide awal pembangunan ini berasal dari impian sang suami yang merupakan arsitektur asal Australia. "

Tidak mudah untuk mendapatkan bangunan Joglo yang sudah berusia ratusan tahun dengan ukiran yang detail. Tapi melalui perjuangan dan kesabaran serta bekerja sama dengan pihak tertentu, akhirnya berhasil mendapatkan beberapa rumah Joglo dari daerah untuk dibangun ulang di sini," papar Migi didampingi suaminya, Andrew James.

Baca juga : Gerindra Senayan Sebar Bantuan Untuk Korban Gempa Cianjur

Rumah Joglo ini diharapkan bakal menjadi kampung inspirasi bagi para seniman. Di tempat ini nantinya akan berkumpul seniman dari berbagai kesenian untuk mempertunjukkan kreasinya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.