Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Kabar Baik Buat ASN Sulut, TASPEN Siap Hadirkan Hunian Terjangkau

Selasa, 4 April 2023 19:30 WIB
Direktur Utama TASPEN ANS Kosasih (kanan) bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey (tengah), dan Direktur Utama Bank SulutGo Revino M Pepah (kiri) usai menandatangani kesepakatan penyelenggaraan Program Hunian ASN di Kantor Pusat TASPEN Jakarta, Selasa (4/4). (Foto: Humas TASPEN)
Direktur Utama TASPEN ANS Kosasih (kanan) bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey (tengah), dan Direktur Utama Bank SulutGo Revino M Pepah (kiri) usai menandatangani kesepakatan penyelenggaraan Program Hunian ASN di Kantor Pusat TASPEN Jakarta, Selasa (4/4). (Foto: Humas TASPEN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (TASPEN) (Persero) terus berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan bagi peserta, khususnya Aparatur Sipil Negara (ASN) aktif.

Bentuk komitmen tersebut dibuktikan melalui kerja sama TASPEN dengan Pemprov Sulawesi Utara dan Bank SulutGo, dalam Program Program Penyediaan Hunian yang layak dan terjangkau, dengan tenor pembayaran hingga masa pensiun.

Program ini diharapkan dapat memudahkan para ASN muda, yang berdomisili jauh dari tempat kerja, untuk mendapatkan hunian yang dekat dengan tempat bertugas.

Penandatanganan kesepakatan dilakukan Direktur Utama TASPEN ANS Kosasih, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dan Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo (Bank SulutGo) Revino M. Pepah beserta jajaran di Auditorium lantai 6 Gedung A Kantor Pusat PT TASPEN (Persero), Jakarta, Selasa (4/4) dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam kesempatan itu, Direktur Utama TASPEN ANS Kosasih mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemprov Sulawesi Utara, yang hari ini hadir bersama 12 Bupati/Walikota.

TASPEN bersama Pemerintah Sulawesi Utara dan Bank SulutGo berkomitmen meningkatkan kesejahteraan ASN.

Baca juga : Mulai 4 April, TASPEN Salurkan THR Untuk Pensiunan, Begini Ketentuannya...

"Berdasarkan survey kami, dari total 16 ribu ASN di Sulawesi Utara, sekurang-kurangnya terdapat 6.000 ASN yang masih belum memiliki rumah," kata Kosasih, Selasa (4/4).

Saat ini, lanjutnya, tersedia 75 hektar lahan strategis yang bisa untuk membangun 6.000 - 7.000 rumah layak tinggal dan bisa dikembangkan dalam Program Hunian ASN. Bisa dalam bentuk rumah tapak, atau rumah susun.

“Ini sesuai inisiatif Bapak Menteri BUMN Erick Thohir. Ini terobosan dalam pembayaran perumahan, karena menjadi satu-satunya pembiayaan yang memungkinkan ASN bisa mencicil pembayaran rumah, sejak aktif hingga memasuki masa pensiun, kurang lebih 30-40 tahun," papar Kosasih.

Kerja sama dengan Bank SulutGo juga memungkinkan ASN aktif mendapatkan kredit dengan cicilan sangat terjangkau, mulai dari Rp 1 juta.

Terkait hal ini, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, S.E mengatakan, pihaknya mengapresiasi Program Hunian ASN dari TASPEN yang bekerja sama dengan Bank SulutGo untuk pembayaran kredit perumahan.

"Ini hunian tanpa uang muka. Ini harapan masyarakat Sulawesi Utara dan ASN di seluruh Indonesia," ujar Olly.

Baca juga : Pede Kantongi Bukti, KPK Siap Hadapi Gugatan Praperadilan Lukas Enembe

"Sebanyak 65 persen ASN belum memiliki rumah. Apabila ini berjalan lancar, TASPEN benar-benar hadir di tengah masyarakat. Terima kasih atas partisipasi TASPEN di Sulawesi Utara," lanjutnya.

Kegiatan sosialisasi dan pemasaran Program Hunian ASN, akan dilakukan bersama dengan Bank SulutGo sebagai penyedia alternatif pembiayaan dengan periode tenor pembayaran, hingga ASN memasuki masa pensiun.

Harapannya, masyarakat atau ASN di Sulawesi Utara tertarik terhadap Program Hunian ASN. Serta memperoleh kesempatan untuk memanfaatkan fasilitas yang akan mempermudah ASN memiliki rumah.

Sebelumnya, program ini sudah pernah dilakukan TASPEN di Kota Surakarta. Secara bertahap, akan menggandeng berbagai Pemerintah Daerah lainnya  dalam membantu para ASN di seluruh Indonesia untuk memiliki rumah.

Tentang PT TASPEN (Persero)

PT TASPEN (Persero) atau Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia, yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pejabat Negara.

Baca juga : Layani ASN 24 Jam, AdMedika Hadirkan Taspen Smart Health

Berdiri sejak 17 April 1963, PT TASPEN (Persero) turut berperan aktif dalam kesejahteraan sosial, khususnya bagi ASN di Indonesia.

PT TASPEN (Persero) saat ini memiliki beberapa produk dan layanan, yakni Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Program Jaminan Kematian (JKM), Program Tabungan Hari Tua (THT), dan Program Pensiun.

PT TASPEN (Persero) merupakan The First Chairman of Asian Civil Service Pension Association (ACSPA) atau Ketua Asosiasi Penyelenggara Jaminan Sosial bagi Aparatur Sipil Negara pertama di Asia, yang beranggotakan Penyelenggara Jaminan Sosial bagi ASN dari berbagai negara di Asia.

Antara lain Indonesia, Korea Selatan, Filipina, Malaysia, Thailand, dan Kamboja.

PT TASPEN (Persero) mengedepankan kenyamanan dan keselamatan peserta, dengan menerapkan layanan digital berupa TASPEN PESONA (Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona), yakni layanan berbasis daring yang meliputi TOOS (Taspen One-hour Online Service), layanan E-Klim, Tcare, dan Otentikasi Digital.

Sebagai kanal informasi dapat menghubungi Call Center 1500919, kunjungi situs resmi https://taspen.co.id,  https://tcare.taspen.co.id dan seluruh sosial media resmi milik PT TASPEN (Persero). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.