Dark/Light Mode

Dongkrak Omzet, UMKM Binaan Pertamina Ikuti Bazar Ramadan

Rabu, 5 April 2023 11:51 WIB
Menteri ESDM Arifin Tasrif membuka Bazar Sobat Energi Belanja UMKM, Selasa (4/4/2023). Bazar ini diinisiasi oleh Kementerian ESDM. (Foto: Istimewa)
Menteri ESDM Arifin Tasrif membuka Bazar Sobat Energi Belanja UMKM, Selasa (4/4/2023). Bazar ini diinisiasi oleh Kementerian ESDM. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertamina memanfaatkan momen bulan suci Ramadan dengan mengikutsertakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaannya dalam berbagai Bazar.

Bazar selama bulan Ramadan ini adalah momen emas bagi UMKM untuk meningkatkan omzet, karena konsumsi masyarakat meningkat hingga puncaknya jelang Idul Fitri.

Dalam pekan ini, Pertamina membawa produk-produk unggulannya dalam berbagai ajang pameran produk UMKM di dalam dan luar negeri.

Baca juga : Gandeng Jenahara, Mothercare Hadirkan Koleksi Busana Ramadan

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), agar masyarakat Indonesia mencintai dan menggunakan karya anak bangsa.

Utamanya produk lokal, dalam upaya mendorong penguatan pertumbuhan ekonomi nasional melalui penguatan UMKM.

Salah satunya Bazar “Sobat Energi Belanja UMKM” yang digelar Kementerian ESDM dan dibuka Menteri ESDM Arifin Tasrif, Selasa (4/4).

Baca juga : Mendagri Minta Pemda Tambah Pemberian Bansos Di Bulan Ramadan

Dalam kesempatan tersebut, Arifin Tasrif menyampaikan Kementerian ESDM menjadi bagian dari keanggotaan Gernas BBI, dengan mengambil peran mendukung melalui berbagai upaya dalam memajukan pelaku UMKM.

Bazar ini diharapkan menjadi salah satu sarana dan wadah bersama dalam upaya untuk meningkatkan dan memasarkan produk-produk UMKM, bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Ada juga stakeholder lainnya seperti Pertamina, Mind ID, PLN, SKK Migas, Bank BUMN, yang mengikutsertakaan UMKM binaannya.

Baca juga : Tanggapi Penggeledahan KPK, Menteri ESDM: Ikuti Saja Prosesnya

"Bertepatan dengan bulan Ramadan 1444 H yang penuh berkah, kami harapkan pengunjung dapat memaksimalkan berbelanja di bazar dan dapat berbagi sesama dengan memberikan manfaat bagi semua,” jelas Arifin dalam sambutannya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.