Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Liga 1 Indonesia

Ini Cara Skuad PSM Makassar Jaga Stamina Selama Ramadhan

Rabu, 22 Maret 2023 21:27 WIB
Para pemain PSM Makassar di pentas liga 1. (Foto : LIB)
Para pemain PSM Makassar di pentas liga 1. (Foto : LIB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sepanjnag bulan suci Ramadan, kompetisi Liga 1 tetap berjalan. Agar pemain tetap prima selama Ramadhan, pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares menyiapkan trik khusus menjaga kebugaran fisik pemain di tengah ibadah puasa yang dijalani.

Baginya situasi bulan Ramadan bukanlah hal yang asing. Karena Bernardo Tavares memiliki pengalaman melatih di Oman bersama Al Nahda pada medio 2014-2015 lalu.

Dia pun sudah berkomunikasi dengan pemain PSM dan tidak ada masalah berarti perihal program latihan tim selama bulan Ramadan.

Baca juga : 6 Laga Sisa, Aji Santoso Siap Buang Pemain Loyo

“Saya sebelumnya sudah mempunyai pengalaman melatih dan bekerja di negara Arab. Saya kira kita harus betul-betul mengontrol energi mereka karena mereka tidak bisa makan dan minum secara normal,” kata pelatih berlisensi UEFA Pro itu, dilansir laman resmi LIB.

“Tentunya kebiasaan-kebiasaan mereka saya kira tidak ada masalah. Saya akan mengontrol itu,” imbuhnya.

Sementara pemain andalan tim berjuluk Juku Eja, Wiljan Pluim mengakui timnya menghadapi tantangan yang cukup berat selama bulan Ramadan.

Baca juga : Skuad Laskar Mahesa Jenar Tak Diliburkan

Karena dalam upaya mereka memastikan gelar BRI Liga 1 2022/2023, PSM akan menghadapi tim-tim yang cukup tangguh seperti Madura United FC, PSIS Semarang, dan Borneo FC.

“Kita akan menjalani pertandingan berat, yang sulit dan pertandingan ini tidak berbeda dengan pertandingan-pertandingan sebelumnya,” ungkapnya.

Dia menegaskan bahwa tim akan bekerja keras menghadapi tantangan tersebut demi segera memastikan gelar juara musim ini.

Baca juga : Luis Duran Nggak Puas Persita Belum Ternoda Pada 10 Laga

“Saya kira apa yang kita lakukan terserah pada kita, apakah kita benar-benar mau mendapatkan hasil bagus dan memang bekerja keras untuk itu,” ujar pelatih asal Belanda.

“Yang kita lakukan harus fokus dan betul-betul siap memberikan untuk pertandingan tentu saja kita butuh dukungan dari suporter kita,” tandas Wiljan Pluim.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.