Dark/Light Mode

Mbizmarket Dukung Transformasi Pengadaan Barang & Jasa di Jateng

Rabu, 5 April 2023 18:46 WIB
Peserta Dialog Tranformasi Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkungan Pemerintah Kabupaten dan Kota se-Jawa Tengah, Rabu (5/4). (Foto: Dok Mbizmarket)
Peserta Dialog Tranformasi Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkungan Pemerintah Kabupaten dan Kota se-Jawa Tengah, Rabu (5/4). (Foto: Dok Mbizmarket)

 Sebelumnya 
Hassanudin menambahkan, Kabupaten Jepara telah secara maksimal mengupayakan dan mendorong belanja pengadaan pemerintah melalui marketplace mitra Toko Daring LKPP, di antaranya yaitu melalui sosialisasi kepada para OPD.

Sementara itu, Kota Magelang berencana untuk kembali segera mengundang pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang telah terdata di PBJ untuk didaftarkan di Mbizmarket.

OPD-OPD di Kota Magelang dapat berbelanja atau melakukan pengadaan di Mbizmarket dengan lebih maksimal lagi.

Baca juga : Bamsoet Dukung PFN Produksi Film Tentang Jokowi

Semua kebutuhan barang dan jasa yang nilainya hingga maksimum Rp 200 juta.per transaksi, penyedianya harus didaftarkan di marketplace.

Terkait hal ini Kota Magelang memprioritaskan penyedia lokal untuk mendaftar di marketplace, sesuai kategori barang atau jasa yang telah ditetapkan oleh LKPP.

Menurut Wahyu, Kota Magelang berupaya untuk meningkatkan Indeks Tata Kelola Pengadaan (ITKP) LKPP, setelah berkonsultasi dengan LKPP beberapa waktu yang lalu.

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Perluas Jaringan Hingga Ke NTB

ITKP yang tinggi dapat dicapai salah satunya dengan memaksimalkan pengadaan barang/jasa melalui marketplace mitra Toko Daring LKPP. Mbizmarket merupakan mitra resmi dan terdaftar di Toko Daring yang dikelola Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Sejak November 2020 hingga Maret 2023, Mbizmarket telah membukukan transaksi lebih dari Rp 1.5 triliun.

Pencapaian tersebut menjadikan Mbizmarket sebagai platform dengan kontribusi terbesar pada pengadaan Pemerintah Daerah yang dilakukan melalui Toko Daring.

Baca juga : Kyai Muda Dukung Ganjar Gelar Pelatihan Membatik Bersama Santri Di Tuban

“Mbizmarket selaku Penyelenggara Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PPMSE) mitra Toko Daring LKPP, secara konsisten melakukan sosialisasi pemanfaatan Toko Daring," ujar CEO Mbiz, Ryn Mulyanto Riyadi Hermawan, dalam keterangannya, Rabu (5/4).

Mulyanto berharap hal ini akan mempermudah bagian pengadaan barang/Jasa dalam melaksanakan pengawasan, evaluasi, pelaporan pelaksanaan pengadaan barang/Jasa secara elektronik, serta lebih menjamin akuntabilitas pengadaan.

"Sebagai mitra Toko Daring LKPP, kami berkomitmen untuk terus berinovasi, terutama dalam memberikan kemudahan dalam mendukung pengadaan barang dan jasa di lingkungan pemerintah dengan mengikuti dan mengakomodasi sesuai dengan kebutuhan terkini," ujar Mulyanto.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.