Dark/Light Mode

Erick Pastikan, Pemudik di Pelabuhan Merak Dapat Layanan Terbaik

Selasa, 11 April 2023 22:09 WIB
Presiden Jokowi (kiri) saat meninjau Pelabuhan Merak, didampingi Seskab Pramono Anung (tengah) dan Menteri BUMN Erick Thohir, Selasa (11/4). (Foto: Dok. BUMN)
Presiden Jokowi (kiri) saat meninjau Pelabuhan Merak, didampingi Seskab Pramono Anung (tengah) dan Menteri BUMN Erick Thohir, Selasa (11/4). (Foto: Dok. BUMN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kerjanya ke Pelabuhan Merak, Banten menjelang musim mudik Lebaran 2023.

Untuk itu, sebagai penyelenggara layanan transportasi yang sekaligus pendukung fasilitas pemudik, BUMN yang beroperasi di Pelabuhan Merak akan memberikan pelayanan terbaiknya.

"Dalam rangka memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat, BUMN melalui ASDP melakukan sejumlah perbaikan. Mulai dari menambah dermaga, manajemen penumpang, hingga pemesanan tiket melalui e-ticketing,” papar Erick di Merak, Selasa (11/4).

Erick berharap, semua pelayanan yang disiapkan oleh ASDP dan jajaran BUMN pendukung mudik lainnya, akan memberikan kenyamanan dan keamanan optimal.

“Bismillah, semoga para pemudik aman dan nyaman dalam perjalanan. Bisa berkumpul bersama keluarga di kampung halaman,” ucap Erick.

Baca juga : Presiden Minta Lonjakan Pemudik Diantisipasi Dengan Baik

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi berpesan kepada para calon pemudik untuk senantiasa bersikap hati – hati dan mempersiapkan perjalanannya dengan baik.

Antisipasi tersebut dibutuhkan, karena pada musim mudik Lebaran tahun ini, diperkirakan akan terjadi lonjakan jumlah pemudik.

Tahun 2022, jumlah pemudik 86 juta orang. Tahun ini, angkanya diperkirakan melonjak menjadi 123 juta orang. Atau naik sekitar 45 persen.

"Yang mau mudik, hati-hati. Ada lompatan yang besar. Itu semua harus dihitung dan dikalkulasi. Saya menanyakan detail, karena tidak ingin kejadian tahun lalu terjadi lagi,” ujar Presiden.

Jokowi menambahkan, kehadirannya di Pelabuhan Merak didorong oleh keinginan untuk memastikan berbagai permasalahan yang terjadi tahun lalu,.tidak terjadi lagi.

Baca juga : Jokowi: Catatan Besar Arus Mudik Ada di Pelabuhan Merak Dan Jalan Tol

Mengacu pada permasalahan tahun lalu tersebut, pemerintah telah melakukan berbagai perbaikan.

“Kita ingat, tahun lalu kapasitas kapal kurang. Tetapi Lebaran kali ini, kita harapkan itu semua tidak terjadi lagi. Sudah ada penambahan dermaga. Sehingga, kapasitas penumpang bergerak dari 34 ribu ke 49 ribu. Itu bagus. Manajemen di lapangannya juga diatur. Pelabuhan untuk sepeda motor, mobil, bus, hingga kendaraan berat sudah dipisahkan. Ini juga sangat bagus,” beber Presiden.

Namun, Presiden berpesan, seluruh calon pengguna jasa penyeberangan di Pelabuhan Merak, sebaiknya sudah membeli tiket secara online.

“Penumpang yang ingin lewat Pelabuhan Merak, saya minta untuk membeli tiket secara e-ticketing. Karena yang tidak pegang tiket, sangat mengganggu,” katanya.

Begitu juga dengan perbaikan di sektor jalan tol. Presiden menggarisbawahi bahwa permasalahan yang muncul tahun lalu adalah kurangnya Rest Area.

Baca juga : Cek Persiapan Hadapi Mudik, Menhub Tinjau Pelabuhan Merak dan Ciwandan

Oleh karena itu, tahun ini sudah ada penambahan Rest Area.

“Begitu juga pada sisi keamanan. Untuk daerah - daerah yang rawan, akan ada penambahan petugas keamanan. Pokoknya, kita fokus ke arus mudik dulu. Karena ada lompatan jumlah pemudik, dari 86 juta menjadi 123 juta,” tandas Jokowi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.