Dark/Light Mode

Bersama Jokowi Resmikan Hunian Milenial Di Depok

Erick Siap Bangun Di Berbagai Kota, Habis Lebaran Bikin Di Klender

Kamis, 13 April 2023 13:24 WIB
Presiden Jokowi (kiri) dan Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri), usai meresmikan hunian untuk milenial di Samesta Mahata Margonda, Depok, Jawa Barat, Kamis (13/4). (Foto: Humas BUMN)
Presiden Jokowi (kiri) dan Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri), usai meresmikan hunian untuk milenial di Samesta Mahata Margonda, Depok, Jawa Barat, Kamis (13/4). (Foto: Humas BUMN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan komitmen pihaknya, untuk menyediakan hunian bagi generasi milenial, yang terintegrasi dengan moda transportasi umum (transit-oriented development/TOD). Selaras dengan amanat Presiden Jokowi, terkait keterbatasan tanah dan masalah kemacetan.

"Seperti Bapak Presiden selalu ingatkan, wilayah Indonesia terdiri dari 75 persen laut dan 25 persen darat. Artinya, ada keterbatasan wilayah tanah di Indonesia," ujar Erick saat mendampingi Presiden Jokowi meresmikan hunian milenial untuk Indonesia di Samesta Mahata Margonda, Depok, Jawa Barat, Kamis (13/4).

Pembangunan hunian tak hanya dihadapkan pada masalah keterbatasan lahan, tetapi juga komposisi penduduk. Terutama, jika dikaitkan dengan masalah transportasi. Saat ini, total penduduk di perkotaan mencapai 56,7 persen, sisanya yang 43,3 persen ada di pedesaan.

Baca juga : Jokowi: Hunian Milenial Di Depok Enak, Gampang Lompat, Ke Mana-Mana Dekat

Data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan, 81 persen generasi milenial belum mendapatkan fasilitas rumah. Ini tentu saja menjadi perhatian serius, mengingat 58 persen penduduk Indonesia saat ini berusia di bawah 40 tahun.

Untuk itu, Erick telah mendorong kolaborasi sejumlah BUMN seperti Perumnas, KAI, BTN, PLN, PTPP, dan Adhi Karya, dengan Kementerian PUPR demi mewujudkan hunian milenial yang terintegrasi dengan moda transportasi umum. Sehingga mampu menekan penggunaan kendaraan pribadi. 

BUMN kini telah merampungkan tujuh lokasi hunian terintegrasi dengan total unit berjumlah 8.348, senilai Rp 5 triliun. Sebanyak 65 persen dari total unit telah ludes terjual, didominasi pembeli milenial dengan harga 41 persen.

Baca juga : Erick Masuk 3 Besar Cawapres Terkuat

"Yang dikunjungi Pak Presiden hari ini, Samesta Mahata Margonda, total unitnya ada 940. Tingkat lakunya cukup tinggi, mencapai 78 persen. Karena tempatnya dekat dengan UI dan fasilitas pendukung lainnya seperti mal dan lain-lain," tutur Erick.

Selain di Depok, Jakarta, Tangerang, Bogor, dan Karawang, Erick menyebut, hunian milenial terintegrasi akan kembali diluncurkan di Klender, Jakarta Timur, setelah Hari Raya Idul Fitri.

"Kami berharap, dorongan Bapak Presiden hari ini, bisa terus meningkatkan proyek hunian milenial ini di berbagai kota. PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan segera paparan dengan saya dan para Wakil Menteri BUMN. Titik-titik berikutnya ada di luar Jakarta," ujar Erick. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.