Dark/Light Mode

Pastikan Presisi, Rel KCJB Kini Masuk Tahapan Fine Adjustment

Kamis, 20 April 2023 11:57 WIB
Seluruh rel Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB) kini masuk tahapan penyesuaian halus atau fine adjustment. (Foto: Humas KCIC)
Seluruh rel Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB) kini masuk tahapan penyesuaian halus atau fine adjustment. (Foto: Humas KCIC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Seluruh rel Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB) kini masuk tahapan penyesuaian halus atau fine adjustment, menjelang comissioning test.

Fine adjustment adalah proses tuning atau kalibrasi rel yang sudah dipasangkan.

Terkait hal ini, General Manager Corporate Secretary KCIC Rahadian Ratry mengatakan, proses ini dilakukan setelah proses track laying selesai.

Keseluruhan proses track laying sepanjang 304 km, telah selesai pada 31 Maret 2023 dan diresmikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan.

Baca juga : Nelayan Balad Dan Pelaut Madasari Pangandaran Yakin Bakal Sejahtera

"Fine adjustment adalah salah satu proses, yang saat ini sedang dilakukan oleh jajaran KCIC dan kontraktor untuk memastikan perjalanan KCJB aman dan nyaman," ujar Rahadian.

Fine adjustment dilakukan untuk memastikan tidak ada gelombang pada rel KCJB. Hal ini penting, karena rel yang akan dilalui KCJB perlu dipastikan sudah benar-benar lurus dan rata.

Sehingga, saat KCJB melaju dalam kecepatan 350 km/jam, penumpang tidak merasakan guncangan yang mengganggu kenyamanan.

Sebelum fine adjustment dilakukan, perlu dilakukan ballast disturbing yaitu memberikan guncangan pada tumpukan batu ballast di jalur KCJB. Sesuai kekuatan guncangan KA Cepat.

Baca juga : Erick Pastikan, Pemudik di Pelabuhan Merak Dapat Layanan Terbaik

Tujuannya, untuk meratakan posisi batu ballast, agar kuat meredam guncangan KCJB saat melintas.

Setelah proses ini selesai, mesin penyesuaian halus atau fine adjustment akan dijalankan di atas rel.

Pekerjaan penyesuaian halus atau fine adjustment sudah dimulai, sejak pekerjaan track laying selesai.

Hingga saat ini, pekerjaan fine adjustment sudah mencapai 69,5 persen dan dipastikan kelar tepat waktu.

Baca juga : Cak Imin Masuk Top Five Capres

Rahadian menegaskan, seluruh pekerjaan proyek KCJB akan selalu mengutamakan keamanan dan kenyamanan penumpang.

"Fine adjustment ini adalah satu tahapan dalam persiapan operasional KCJB. Ini adalah tahapan penting. Tanpa fine adjustment, rel tidak bisa dilalui oleh KCJB yang kecepatannya mencapai 350 km/jam," jelasnya. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.