Dark/Light Mode

Cak Imin Masuk Top Five Capres

Minggu, 2 April 2023 07:25 WIB
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar. (Foto: Facebook)
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar. (Foto: Facebook)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin masuk lima besar bursa Capres 2024. Salah satu faktor utamanya, kepiawaian­nya memimpin PKB.

“Ini wajar, bisa dilihat dari grass root PKB yang kuat, dan loyal terhadap dirinya,” ujar Analis Komunikasi Politik Hendri Satrio kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Pria yang akrab disapa Hensat ini menilai, Cak Imin memi­liki kepemimpinan luar biasa menakhodai PKB. Partai yang didirikan Abdurahman Wahid alias Gus Dur ini, mampu menyalip partai seluruh partai berbasiskan Islam. Misalnya, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), hingga Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Pada Pemilu 2019, PKB mampu finis diurutan ke lima dengan 13.570.097 suara, setara 9,69 persen suara nasional.

Baca juga : Zidane Masuk Radar Spurs

Menimbang kendaraan poli­tik yang dipimpinnya saja, Cak Imin tidak dapat dilihat sebelah mata. “Sosoknya tidak bisa dianggap remeh. Dia masuk dalam 5 besar kandidat cap­res. Artinya, sangat potensial menjadi salah satu tokoh yang harus menjadi pertimbangan penting bagi kandidat capres lain untuk menarik Cak Imin menjadi pendamping,” katanya.

Pendiri Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) ini menyebut, kinerja Cak Imin sebagai ketum parpol, lebih mumpuni dibandingkan tokoh politik lainnya. “Bahkan me­lebihi Prabowo Subianto yang digadang-gadang sebagai cap­resnya,” kelakarnya.

Dirincikannya, Cak Imin melakukan banyak kegiatan sebagai eksistensi kepemimpi­nannya. Misalnya, melakukan beragam aksi kemanusiaan saat pandemi Covid 19, hingga menggelar perhelatan Festival Cak Imin di berbagai kota besar.

Baca juga : Jadi Sosok yang Inovatif, Kaum Milenial Dukung Erick Thohir Cawapres

Nah, faktor kepemimpinan sekaligus upaya marketing politik yang dilakukan Cak Imin secara berkala itulah yang membuat popularitasnya terus naik. Di tambah, peran nahdliyin amat besar untuk melambungkan popularitas­nya.

Sebelumnya, Pollmark Research Center mengeluarkan hasil survei calon presiden (ca­pres) di Pemilu 2024. Hasilnya, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo teratas dengan 22,8 persen, disusul Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto (17,4 persen) dan Anies Baswedan (13,9 persen). Selanjutnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berada di posisi ke em­pat dengan 5,2 persen, dikejar Cak Imin dengan raihan 4,8 persen.

Survei digelar pada 23 Januari hingga 18 Maret 2023 di 78 daerah pemilihan se-Indonesia yang mewakili 562 kursi di DPR RI. Responden yang dilibatkan sebanyak 62.480 atau sebesar 97,8 persen dari seluruh potensi pemilih di Pemilu 2024. Adapun margin of error survei +/- 0,4 persen.

Baca juga : Moeldoko Kembali Masuk 2 Besar Cawapres Di Musra Sumut

Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid menyambut baik hasil ini. Jazilul mengatakan, hasil tersebut akan dibicarakan dengan Gerindra. Dia meyakini Cak Imin layak menjadi capres. “Jadi nanti biar dibicarakan sama Gerindra sama PKB,” ujar Jazilul. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.