Dewan Pers

Dark/Light Mode

Gandeng Fiber Media Indonesia, Kerja Link Net Lebih Efisien

Kamis, 29 Agustus 2019 21:36 WIB
Kerja sama Link Net dan Fiber Media Indonesia. (Foto: JAR/Rakyat Merdeka)
Kerja sama Link Net dan Fiber Media Indonesia. (Foto: JAR/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Link Net Tbk (LINK) melalui brand First Media melakukan kerja sama dengan PT Fiber Media Indonesia. Selain untuk menambah jumlah pelanggan baru juga untuk menghemat anggaran belanja modal perusahaan (Capital expenditure/Capex). 

Presiden Direktur & CEO PT Link Net Tbk, Marlo Budiman optimis, kerja sama ini membuat progres perusahaan bisa lebih efisien. “Kerja kalau dilakukan bareng itu bisa lebih ringan lebih efisien. Kerja sama ini juga tidak cuma menambah jumlah pelanggan tapi tambah kehandalan," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Kamis (29/8).

Kerja sama akan dilakukan untuk mengakses tiang tumpu dengan jumlah potensi tiang tumpu 140.000 atau sekitar 5.600 km yang tersebar di Jakarta, Bogor Tangerang, Depok dan Bekasi (Jabodetabek).  

Perusahaan dalam waktu dekat fokus untuk servis di wilayah Jabodetabek.

Berita Terkait : Gubernur Sumsel: Indonesia Masih Butuh Amran

Ke depan, lanjut Marlo, pihaknya bisa lebih mudah dalam melaksanakan servis. Servis yang dimaksud untuk para konsumennya di berbagai daerah antara lain di Cilegon dan Serang.

Jika sebelumnya hanya dikakukan oleh First Media maka kedepan akan dilakukan bersama Fiber Media.

"Kami harapkan juga ada sinerginya. Ada  kolaborasi ini sangat baik. Kesempatan ini tentunya kami tidak disia-siakan," katanya.

Marlo optimis, adanya PT Fiber Media Indonesia yang merupakan penyedia infrastruktur telekomunikasi berbasis fiber optic melalui tiang tumpu akan semakin memperluas dan meningkatkan kualitas jaringan dan layanan First Media di wilayah Jabodetabek. 

Berita Terkait : Gandeng Semen Indonesia, Pelindo III Perkuat Logistik

Adapun kerja sama yang dilakukan Link Net bukan yang pertama. Sebelumnya melakukan percepatan perluasan jaringan strategis berkolaborasi dengan berbagai mitra, antara lain dengan PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) dalam penempatan infrastruktur telekomunikasi yang menghubungkan antara Jakarta–Serang–Merak.

Marlo menambahkan, kerja sama yang dilakukan First Media dengan mitra penyedia backbone dan infrastruktur telekomunikasi secara berkelanjutan dilakukan yang semakin memfasilitasi strategi ekspansi perseroan ke kota-kota besar di Indonesia dan memberikan pertumbuhan yang berkelanjutan. Kerja sama dengan Fiber Media Indonesia menyediakan jalur pertumbuhan yang lebih luas di wilayah Jabodetabek, dan memungkinkan layanan First Media lebih mudah dalam menjangkau lebih banyak pelanggan residensial maupun korporasi hingga ke lokasi terdekat dengan pelanggan. 

"Ke depannya kerja sama ini akan dikembangkan hingga ke pemanfaatan subduct bersama (jaringan kabel fiber optic bersama di bawah tanah) sesuai dengan arah kebijakan pemerintah daerah dan kota dengan melakukan efektivitas pemakaian tiang tumpu dan mulai melakukan pemindahan jaringan fiber optic dari tiang tumpu ke jaringan bawah tanah,” ujarnya.

Untuk diketahui, saat ini, layanan First Media telah menjangkau 1.675.000 home passed di wilayah Jabodetabek. 

Berita Terkait : Gandeng Vamos Indonesia, BNI Kirim 19 Pesepakbola Muda Terbaik ke Spanyol

Direktur PT Fiber Media Indonesia Budi Aditya mengatakan, pihaknya akan menyediakan jalur fiber optic melalui tiang tumpu. Jalur tersebut saat ini telah hadir di sebagian besar wilayah Jabodetabek.

"Kami ingin menyempurnakan wilayah cakupan First Media dan juga Fiber Media Indonesia di wilayah ini dengan kecepatan dan kehandalan yang sangat tinggi," terangnya.

Dia menegaskan, dengan adanya kerja sama ini bisa meningkatkan kehandalan masing-masing pihak.

"Kalau bergerak sendiri ada rintangan baik dari Pemda atau masyarakat jadi dua kali lipat maka lebih baik kita bekerja sama," tegasnya. [JAR]