Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BNI Mudahkan Akses Perbankan Mahasiswa Indonesia di Luar Negeri

Minggu, 4 Agustus 2019 09:37 WIB
Tampak mahasiswa Indonesia yang sedang mengurus transaksi keuangan untuk kelanjutan biaya kuliah di luar negeri. (Foto: Humas BNI).
Tampak mahasiswa Indonesia yang sedang mengurus transaksi keuangan untuk kelanjutan biaya kuliah di luar negeri. (Foto: Humas BNI).

RM.id  Rakyat Merdeka - Banyak pelajar asal Indonesia yang bertekad untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke tahapan lebih tinggi di luar negeri, seperti di Eropa.

Walau sudah mengumpulkan berbagai informasi dari berbagai sumber mengenai Negara destinasi kuliah, setibanya di sana banyak keperluan yang harus diurus dan bisa saja masih membingungkan.

Selain itu, sebagai mahasiswa baru akan disibukkan dengan masa orientasi, pendaftaran kuliah, hingga pencarian tempat tinggal.

Tak jarang pencarian tempat tinggal juga mempersyaratkan kepemilikan rekening bank lokal terlebih dahulu. Padahal proses pembukaan rekening di beberapa negara cenderung cukup membutuhkan waktu.

Untuk itu, akan sangat membantu jika urusan bank telah beres sebelum mahasiswa sampai di negara tujuan. Dengan demikian mahasiswa dapat dengan mudah mengakses dana untuk berbagai keperluan sebelum memiliki rekening lokal atau beasiswa cair.

Baca juga : Jaga Aset Negara, Indonesia Power Teken MOU Bareng Kejaksaan Tinggi

Untuk memenuhi kebutuhan mendesak dalam hal kemudahan mengakses pendanaan, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) melalui Kantor Cabang Luar Negeri London, Inggris memberikan dukungan berupa fasilitas pembukaan rekening bagi calon mahasiswa Indonesia yang akan melanjutkan studi ke Eropa.

Dukungan ini diwujudkan oleh BNI melalui keikutsertaan pada event Study in Holland–Pre Departure Briefing 2019 di Jakarta, Sabtu (3/8).

Pada kegiatan ini, BNI memberikan layanan yang memudahkan proses pembukaan rekening BNI untuk digunakan calon siswa maupun orang tuanya di Luar Negeri (dalam hal ini di Belanda).

Rekening yang dibuka adalah rekening BNI Taplus dengan dilengkapi kartu ATM BNI Instan yang berlogo Master Card.

Kelengkapan ini akan memudahkan siswa dalam melakukan penarikan tunai di luar negeri. Selain itu orangtua siswa juga dimudahkan dalam melakukan pengiriman dana ke rekening putra atau putrinya di Belanda.

Baca juga : Pembangunan Perikanan Berkelanjutan Dorong Indonesia Jadi Poros Maritim Dunia

 

 

Siswa di Belanda dapat melakukan penarikan tunai di luar negeri yang berlogo Master Card dengan Kartu ATM BNI dengan biaya penarikan yang murah, yaitu hanya Rp 25.000 plus biaya kurs yang langsung di debet dari saldo tabungan.

Direktur Tresuri & Internasional BNI Rico Rizal Budidarmo mengungkapkan, membuka rekening bank di negara tujuan seringkali menjadi hal yang vital, selain dilihat dari segi kepentingan, buka rekening bank juga ada nilai ekonomisnya.

“Mahasiswa bisa menerima kiriman dana dari orangtua dengan lebih mudah dan murah untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, maupun jika ada kebutuhan yang mendadak,” ujarnya.

Baca juga : Presiden Jokowi Sahkan Perjanjian Penerbangan Indonesia-Turki

Sebelumnya, BNI juga telah menjadi partner bagi Institute Francais Indonesia dalam melaksanakan Pre Departure Seminar di Jakarta pada tanggal 9 Juli 2019.

Seminar ini adalah seminar persiapan yang diadakan oleh Institute Francais Indonesia yang berada di bawah Kedutaan Besar Perancis, untuk para calon mahasiswa yang akan belajar ke Perancis.

Bagi BNI, dengan berpartisipasi pada event ini, diharapkan dapat menambah jumlah pembukaan rekening dan peningkatan Dana Pihak Ketiga (DPK). Selain itu, diharapkan siswa dapat memanfaatkan layanan transaksi internasional melalui Taplus BNI seperti kiriman uang, internet banking, mobile banking dan pembayaran payment point lainnya.

BNI menargetkan untuk menjadi Top Of Mind dan pilihan utama bagi nasabah BNI, baik di dalam negeri maupun di luar negeri terkait layanan fasilitas transaksi internasional.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.