Dark/Light Mode

Survei BI: Penyaluran Kredit Baru Tumbuh Positif

Rabu, 26 April 2023 14:50 WIB
Gedung Bank Indonesia. (Foto: Ist)
Gedung Bank Indonesia. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei perbankan Bank Indonesia (BI) mencatat penyaluran kredit baru pada triwulan I-2023 tumbuh positif dengan nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 63,7 persen.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan, pertumbuhan kredit baru tersebut terjadi pada seluruh jenis kredit. Pada triwulan II-2023, penyaluran kredit baru diprakirakan tumbuh lebih tinggi, terindikasi dari SBT prakiraan penyaluran kredit baru sebesar 99,7 persen.

Baca juga : Smartfren Community Berbagi Berkah dengan Belajar Ngonten Positif

Standar penyaluran kredit pada triwulan II 2023 diprakirakan sedikit lebih ketat dibandingkan periode sebelumnya. Hal ini terindikasi dari Indeks Lending Standard (ILS) positif sebesar 0,1 persen.

“Kebijakan penyaluran kredit diprakirakan lebih ketat, antara lain pada aspek suku bunga kredit, premi kredit berisiko, dan persyaratan administrasi,” ujarnya, Rabu (26/4).

Baca juga : China Siap Jadi Juru Damai Israel-Palestina

Menurut dia, hasil survei menunjukkan responden tetap optimis terhadap pertumbuhan kredit ke depan. Responden memprakirakan pertumbuhan kredit untuk keseluruhan tahun 2023 sebesar 10,4 persen (yoy), tumbuh positif meski tidak setinggi realisasi pertumbuhan kredit pada 2022 sebesar 11,4 persen (yoy). 

“Optimisme tersebut antara lain didorong oleh kondisi moneter dan ekonomi serta relatif terjaganya risiko dalam penyaluran kredit,” katanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.