Dark/Light Mode

Sukses Jadi Penengah Saudi-Iran

China Siap Jadi Juru Damai Israel-Palestina

Rabu, 19 April 2023 07:31 WIB
Menteri Luar China Negeri Qin Gang. (FOTO SMPC).
Menteri Luar China Negeri Qin Gang. (FOTO SMPC).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kesuksesan China menjadi penengah untuk memperbaiki hubungan diplomatik antara Arab Saudi dengan Iran, membuat Beijing berambisi mendamaikan Israel dan Palestina.

Banyak negara yang berupaya mendamaikan kedua belah pihak. Sayangnya, belum ada titik terang. Meski demikian, China tidak ciut. Negeri Panda ini bertekad membawa perdamaian ke kawasan Timur Tengah. Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri China, Qin Gang pada petinggi Israel dan Palestina, Senin (17/4).

Baca juga : Denny JA Ikut Soroti Penolakan Terhadap Tim Israel, Ini Katanya

Dikutip AFP, kemarin, Qin mengaku negaranya siap kembali menjadi mediator perdamaian di Timur Tengah. Dia mengatakan, Beijing siap meneruskan dialog damai yang mandek sejak 2014. “Kami akan melanjutkan upaya dialog damai yang terhenti selama hampir 10 tahun,” ujar Qin, pada Menteri Luar Negeri Israel, Eli Cohen.

Sama halnya saat berbincang dengan Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad AlMaliki, Qin menegaskan, pihaknya mendukung segera digelarnya kembali perundingan damai dengan solusi dua negara. Beijing percaya diri, usai berhasil membuka kembali dialog antara Riyadh dengan Teheran pada Maret lalu. Ini merupakan upaya yang sudah lama diupayakan Amerika Serikat, namun selalu gagal.

Baca juga : Kuaci Rebo Luncurkan Varian Baru Rasa Kelapa

Keberhasilan ini sempat membuat Paman Sam tersindir. Washington bahkan disebut kecewa dengan Saudi, sekutu dekatnya di kawasan, karena tidak melibatkan AS dalam normalisasi hubungan dengan Iran. Iran merupakan musuh AS di kawasan.

Menurut peneliti Stimson Center, Barbara Slavin, dikutip BBC, Minggu (13/4), peran China sebagai mediator juga memperlihatkan keunggulan diplomasinya dibanding AS yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Iran sejak 1980.

Baca juga : Semoga Xi Jinping Bisa Jadi Juru Damai Rusia Dan Ukraina

Keputusan menjadikan China sebagai penengah juga dinilai mampu membawa perubahan besar bagi konflik di Timur Tengah. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.