Dark/Light Mode

Layanan Mudik Lancar Jaya

BUMN Transportasi Layak Dapat Jempol

Kamis, 27 April 2023 07:30 WIB
Sejumlah pemudik motor menaiki Kapal Athaya di Pelabuhan Ciwandan, Banten, Selasa (18/4/2023) malam. (Foto: Antara).
Sejumlah pemudik motor menaiki Kapal Athaya di Pelabuhan Ciwandan, Banten, Selasa (18/4/2023) malam. (Foto: Antara).

 Sebelumnya 
Upaya-upaya tersebut dapat mendukung kelancaran layanan angkutan arus mudik dan balik pada Lebaran tahun ini.

“Kami mengingatkan masyarakat, agar memiliki tiket ka­pal sebelum tiba di pelabuhan,” kata Ira melalui siaran pers, Rabu (26/4).

Ia mengungkapkan, berdasar­kan Data Posko Arus Balik Bakauheni, trafik kendaraan roda empat yang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni, Lam­pung menuju Pelabuhan Merak, Banten terpantau ramai lancar dan cenderung meningkat.

Baca juga : AP II Hadirkan Fasilitas Pemudik Di 3 Bandara & Jadi PIC Di 7 Posko

Tercatat, total kendaraan roda empat (R4) yang menyeberang pada H+1 atau periode dari Senin (24/4) pukul 08.00 hingga Selasa (25/4) pukul 08.00 pagi atau H+1 mencapai 11.854 unit, atau naik 27 persen dibanding­kan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 9.309 unit.

“Secara angka, jumlah pergerakan R4 dari Sumatera ke Jawa telah mengalami peningkatan dibanding saat kondisi normal. Yaitu, tercatat sebanyak 11.824 unit terhitung pada H+1 selama 24 jam atau naik 27 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 9.309 unit,” bebernya.

Penanganan mudik juga dilaku­kan oleh PT Jasa Marga (Persero) dan PT Hutama Karya (Persero) selaku operator jalan tol.

Baca juga : Gerakan Mudik Sehat dan Selamat Bertujuan Memitigasi Potensi Kecelakaan

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, pi­haknya mencatat realisasi lalu lintas yang kembali ke Jabotabek dari arah Timur (Trans Jawa dan Bandung pada H+1 (24 April 2023) sampai H+2 (25 April 2023 pukul 14.00 WIB), yaitu sebesar 175 ribu kendaraan.

Ia menilai, dengan jumlah realisasi yang baru mencapai 18 persen dari prediksi arus balik dari arah timur yang mencapai 984 ribu kendaraan, maka masih terdapat 82 persen lalu lintas yang belum kembali ke Jabotabek (Ja­karta, Bogor, Tangerang, Bekasi) atau sebanyak 808 ribu kendaraan.

Jika diasumsikan, lalu lintas yang belum kembali ke Jabo­tabek akan terdistribusi secara merata hingga 1 Mei 2023.

Baca juga : DPR Sarankan Pemerintah Pakai Cara Luar Biasa Basmi Teroris Papua

“Maka volume kendaraan dari arah Timur yang kembali ke Ja­botabek akan mencapai 134 ribu kendaraan per hari,” katanya, me­lalui siaran pers, Selasa (25/4). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.