Dark/Light Mode

Layanan Mudik Lancar Jaya

BUMN Transportasi Layak Dapat Jempol

Kamis, 27 April 2023 07:30 WIB
Sejumlah pemudik motor menaiki Kapal Athaya di Pelabuhan Ciwandan, Banten, Selasa (18/4/2023) malam. (Foto: Antara).
Sejumlah pemudik motor menaiki Kapal Athaya di Pelabuhan Ciwandan, Banten, Selasa (18/4/2023) malam. (Foto: Antara).

 Sebelumnya 
Dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni jumlah pemudik dari H-10 hingga H-1 untuk penumpang 796.261 orang, ada pening­katan 5 persen dibanding tahun 2022 sebesar 760.911 orang.

“Untuk kendaraan sebanyak 184.955 unit, ini turun 2 persen dibanding tahun 2022 sebesar 180.465 unit,” jelas Ditjenhub­dar Kemenhub.

Sebaliknya, dari Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni ke Pelabuhan Penyeberangan Merak, jumlah penumpang sebanyak 386.592 orang, meningkat 6 persen dari 2022 sebesar 363.747 orang.

Baca juga : AP II Hadirkan Fasilitas Pemudik Di 3 Bandara & Jadi PIC Di 7 Posko

Sementara kendaraan sebanyak 73.723 unit, meningkat 2 persen dari 2022 yang sebesar 72.163 unit.

Djoko mengingatkan, saat pe­nyelenggaraan arus balik ha­rus ada upaya-upaya perbaikan. Mengingat masih ada sejumlah pelanggaran yang tetap terjadi, seperti kelebihan angkutan barang.

Ia mencontohkan, mobil barang yang masuk ke kapal ham­pir 100 persen kelebihan dimen­si dan muatan (Over Dimension Over Load/ODOL).

Baca juga : Gerakan Mudik Sehat dan Selamat Bertujuan Memitigasi Potensi Kecelakaan

“Jarang ditemui kendaraan mobil barang, yang tidak kele­bihan dimensi dan muatan. Pelanggaran pemudik bersepeda motor juga masih cukup tinggi. Termasuk membawa anak-anak pakai motor,” katanya.

Ia berharap, pada pelaksanaan libur Lebaran tahun depan, Pemerintah melalui BUMN bisa kembali menggelar program mudik gratis dengan melipat­gandakan jumlah armada dan memperluas tujuan mudik.

“Kalau bisa ditambah armada dan daerah tujuannya juga. Ta­hun ini kan, armada mudik gratis ke Pulau Sumatera baru ke dua kota, yakni Palembang dan Ban­dar Lampung,” pintanya.

Baca juga : DPR Sarankan Pemerintah Pakai Cara Luar Biasa Basmi Teroris Papua

Terpisah, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Per­sero) Ira Puspadewi mengaku, pihaknya mengikuti arahan regulator terkait penyesuaian layanan guna menghindari an­trean kendaraan yang turun dari kapal di Pelabuhan Merak.

Lalu, beberapa kapal operasi dari Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni juga dialihkan untuk melakukan bongkar kenda­raan (unloading) di Pelabuhan Ciwandan, dengan pola Tiba Bongkar Berangkat (TBB).

Selain itu, terdapat pengaturan penundaan perjalanan (delay­ing system) menuju Pelabuhan Bakauheni yang dapat dilakukan di Rest Area KM 87, KM 67, KM 49, KM 33 dan KM 20 Tol Terbanggi Besar-Bakauheni.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.