Dark/Light Mode

Pasca Libur Panjang Idul Fitri

BUMN Dilarang Kendor Kasih Layanan Optimal

Sabtu, 29 April 2023 07:30 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. (Foto: Antara).
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyerukan perusahaan pelat merah, terutama yang memberikan layanan kritikal untuk tetap memberikan layanan optimal pasca libur Lebaran. Hal ini guna memastikan kegiatan arus balik berjalan lancar.

Seruan itu disampaikan dalam surat bertajuk Imbauan Pembatasan Penyelenggaraan Kegiatan Pasca Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H di ling­kungan Grup BUMN. Menurut Erick, imbauan itu tindaklanjut dari arahan Presiden terkait pengendalian arus balik Idul Fitri tahun ini.

“Seluruh fungsi kritikal itu termasuk ketersediaan listrik, pasokan bahan bakar dan gas, harus dijaga agar tetap aman pasca perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah,” kata Erick dalam surat kepada jajaran pimpinan BUMN, Rabu (26/4).

Baca juga : Hari Pertama Idul Fitri, 71 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta

Imbauan itu, ditegaskan Erick, telah memperhatikan Surat Men­teri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Ad Interim Nomor B/480/M.KT.01/2023 pada 24 April 2023, tentang Imbauan Pem­batasan Penyelenggaraan Kegiatan Pasca Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Erick menerangkan, surat tersebut terkait pengaturan pe­nyelenggaraan kegiatan halal bihalal. Pengaturan bertujuan untuk mendukung kelancaran mobilitas masyarakat pasca periode libur nasional dan cuti bersama Idul Fitri.

Mantan bos klub Inter Mi­lan ini mengimbau BUMN, anak perusahaan BUMN, dan perusahaan afiliasi terkonsoli­dasi BUMN/cucu perusahaan BUMN atau Grup BUMN, untuk mengikuti anjuran Pemerintah terkait arus balik menuju ke DKI Jakarta.

Baca juga : Ridwan Kamil: Peristiwa Bersejarah Salat Idul Fitri Perdana di Masjid Raya Al Jabbar

“Jika Grup BUMN meren­canakan kegiatan halal bihalal atau sejenisnya, agar ditunda dulu pelaksanaannya sampai awal pekan kedua setelah Hari Raya Idul Fitri atau pada 2 Mei 2023,” pesannya.

Erick juga memerintahkan agar grup BUMN segera fokus menjalankan Program Rekrut­men Bersama BUMN Tahun 2023. Serta melakukan kolabora­si lain yang berdampak langsung bagi kemaslahatan masyarakat.

Terpisah, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyam­paikan, setelah arus balik atau lebih tepatnya H+4, diprediksi pertumbuhan konsumsi listrik di kota besar kembali naik seiring dengan kembalinya aktivitas masyarakat bekerja di perkotaan.

Baca juga : KBRI Astana Gelar Open House Idul Fitri di Wisma Indonesia

“Kami akan tetap melakukan monitoring secara continue dan melakukan penyeimbangan antara pasokan dengan demand, sehingga pasokan listrik tetap terjaga dengan stabil,” ujar Dar­mawan dalam keterangannya, Selasa (25/4).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.