Dark/Light Mode

Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mudik Naik Kereta Api

Rabu, 19 April 2023 07:12 WIB
Penumpang yang mudik menggunakan kereta api/Dok KAI
Penumpang yang mudik menggunakan kereta api/Dok KAI

RM.id  Rakyat Merdeka - Bagi masyarakat Indonesia, tradisi Idul Fitri identik dengan kegiatan mudik. Berlebaran bersama sanak saudara di kampung halaman. Ada banyak pilihan moda transportasi untuk pulang kampung. Salah satunya, kereta api.

Seperti biasa, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI selalu memastikan kesiapan kereta api sebagai moda transportasi  pilihan masyarakat.

“Pada masa Angkutan Lebaran 2023, KAI Group telah menyiapkan 6.936.532 kursi kereta api jarak jauh dan kereta api lokal, yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk perjalanan masa libur Lebaran," kata Vice President Public Relations KAI Joni Martinus.

Berikut 5 alasan mengapa kamu harus mudik Lebaran 2023 bersama KAI:

1. Mengutamakan keselamatan

Kamu tak perlu khawatir selama perjalanan mudik naik kereta, karena seluruh insan KAI akan memastikan keselamatan perjalanan mudik pelanggan, hingga tiba di kampung halaman.

Sejak Maret lalu, KAI bersama stakeholder perkeretaapian telah melakukan inspeksi ke berbagai wilayah di Pulau Jawa.

Kegiatan inspeksi ini bertujuan untuk mengecek kesiapan KAI dari berbagai aspek, menjelang Angkutan Lebaran 2023.

Seluruh aspek keselamatan perjalanan dan pelayanan dicek sebelum dan selama pelaksanaan angkutan Lebaran 2023. Mulai dari sarana, prasarana, personel, serta berbagai fasilitas yang akan digunakan pelanggan kereta api, baik di stasiun maupun di kereta.

Demi meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api di periode Angkutan Lebaran ini, KAI menambah petugas prasarana. Terdiri dari 345 Petugas Penjaga Jalan Lintas (PJL), 363 Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ), dan 180 Petugas Daerah Pemantauan Khusus (Petugas Dapsus).

Selain itu, sebagai langkah peningkatan keamanan dan ketertiban (kamtib) dalam perjalanan kereta api, stasiun, dan jalur kereta api, KAI melakukan koordinasi kewilayahan dengan aparat setempat. Serta senantiasa meningkatkan pengamanan operasi, pada daerah pengawasan kamtib.

Baca juga : Daia Detergen Manjakan Konsumen dengan Program Daia Mudik Asik

KAI menyiapkan tenaga kamtib yang terdiri dari 1.256 Polsuska, 2.467 security, serta 442 TNI/Polri (eksternal).

KAI juga terus melakukan pengecekan secara berkala terhadap titik yang memiliki potensi rawan bencana, proaktif dalam penyelesaian potensi bahaya, memastikan ketersediaan dan keandalan dari seluruh perangkat penanganan kondisi darurat, meningkatkan penjagaan di perlintasan liar dengan berkoordinasi aktif, serta mengoptimalkan seluruh stakeholders termasuk masyarakat sekitar.

Bersama Kementerian Perhubungan, KAI juga telah memastikan keandalan sarana dan prasarana, melakukan Ramp Check atau pemeriksaan kelaikan dan kesiapoperasian lokomotif dan kereta untuk memastikan kereta api dalam kondisi prima.

Saat ini, ada 478 lokomotif dan 1.706 gerbong kereta yang siap dioperasikan, demi emberikan layanan terbaik bagi pelanggan KAI.

KAI juga melaksanakan posko Angkutan Lebaran mulai 14 April sampai dengan 2 Mei 2023.

Dalam periode tersebut, KAI menyiapkan segala sumber daya demi melayani konsumen secara maksimal.

Kesiapan KAI mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan KAI secara keseluruhan.

Dengan maksimalnya persiapan KAI menyambut Angkutan Lebaran, seluruh proses perjalanan mudik maupun balik diharapkan berjalan lancar tanpa kendala.

2. Perjalanan Tepat Waktu

Perjalanan mudik dengan kereta api tentu akan lebih terprediksi dari segi waktu. Karena kereta api memiliki jalurnya sendiri yang bebas macet. Tidak seperti moda angkutan jalan raya, kereta api berjalan sesuai dengan jadwal keberangkatan dan kedatangan yang telah ditetapkan.

“Saat ini on time performance perjalanan kereta api mencapai 99,6 persen. Dengan begitu, pelanggan tak perlu menghabiskan waktu berlama-lama di perjalanan. Karena waktu keberangkatan dan kedatangan kereta sudah fixed sesuai jadwalnya, sehingga lebih efektif dan efisien,” ungkap Joni.

Baca juga : Kimia Farma Lepas 10 Bus Mudik Bersama BUMN

3. Aksesibilitas

Stasiun-stasiun yang dimiliki KAI menjangkau banyak kota, kabupaten, bahkan kecamatan yang mungkin belum bisa diakses oleh moda transportasi lain. Selain itu banyak juga stasiun yang menawarkan akses naik dan turun langsung di pusat kota. Jadi, semakin memudahkan kamu yang sudah tidak sabar berkumpul dengan keluarga.

4. Peningkatan pelayanan

KAI telah melakukan berbagai inovasi untuk meningkatakan layanan kepada pelanggannya, terutama saat Angkutan Lebaran tahun ini. Peningkatan pelayanan yang dilakukan antara lain mencakup:

a. Menyediakan 143 tenaga Customer Service Mobile di 32 stasiun, yang ditugaskan membantu dan memberikan informasi dan layanan kepada pelanggan.

b. Penambahan personel kebersihan sepanjang Angkutan Lebaran. Terdiri dari 318 petugas cleaning service di stasiun 74 petugas on trip cleaning, dan 196 petugas cuci kereta.

c. KAI me-redesign layanan pelanggan kereta api (KA) Luxury, meliputi new luxury train service dan new lounge experience. Terdapat perubahan flow dan peningkatan layanan pelanggan kereta api Luxury pada beberapa touch point. Mulai dari pra perjalanan, perjalanan, hingga purna perjalanan.

d. Perbaikan layanan Executive Lounge menjadi lebih nyaman dan berkelas untuk meningkatkan kepuasan pelanggan di 8 stasiun. Yakni di Stasiun Gambir, Cirebon, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Semarang Tawang, Surabaya Pasarturi, dan Malang.

e. Pemberian 34.400 takjil gratis berisi roti, air mineral, dan kurma kepada pelanggan di 21 stasiun besar, pada 12 -21 April 2023.

f. Pada tahap awal, penyediaan Drinking Water Station hadir di tiga stasiun besar yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Surabaya Gubeng.

g. Menghadirkan Pojok Baca dengan 1.905 buku bacaan anak di Stasiun Pasar Senen, Cirebon, Solo Balapan, Semarang Tawang, dan Surabaya Gubeng.

Baca juga : Ini Cara Wings Care Kenalkan Beragam Profesi Ke Anak

h. Menyediakan fasilitas Face Recognition Boarding Gate atau proses boarding mempergunakan gate yang terintegrasi dengan pemindaian wajah pelanggan, untuk peningkatkan kecepatan pelayanan dan akurasi pemeriksaan. Saat ini, fasilitas tersebut sudah terpasang di Stasiun Bandung, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, Malang, Solo Balapan.

Untuk menghadirkan mudik yang lebih berkesan, KAI juga memberikan doorprize, serta menghadirkan hiasan tematik di stasiun dan kereta api. KAI berharap perjalanan mudik dengan kereta api berjalan dengan lancar, aman, dan nyaman.

5. Perjalanan anti bosan

Agar perjalanan tetap asyik dan seru, kamu bisa melakukan aktivitas menarik yang bisa dilakukan untuk usir rasa bosan. Saat di kereta, kamu juga bisa menikmati layanan wifi gratis di beberapa kereta. Ada fitur baru di KAI Access yaitu menu Entertainment on Board (EoB) yang berisi banyak hiburan seru. EoB dapat diakses melalui jaringan wifi khusus selama dalam perjalanan. Saat ini, layanan EoB dapat dinikmati pada perjalanan KA Taksaka relasi Gambir-Yogyakarta (pulang pergi).

Tak cukup sampai di situ, KAI juga menyediakan board game pada perjalanan kereta api Taksaka Hype Trip seperti flash card, jenga block, Uno, dan ular tangga. Anda juga bisa mengambil trip pagi, siang, atau sore agar dapat menikmati pemandangan yang indah selama perjalanan.

Kamu pun tak perlu takut kehabisan baterai smartphone, karena KAI menyediakan colokan listrik di tempat duduk masing-masing. Jika tidak sedang berpuasa, kamu bisa merasakan sensasi kuliner di atas kereta api, dengan hidangan yang fresh dan nikmat.

Itu tadi lima alasan, kenapa kamu harus mudik naik kereta api. KAI berkomitmen untuk terus meningkat pelayanan kepada pelanggan. Khususnya, pada masa Angkutan Lebaran 2023.

“Naik kereta api khususnya di masa mudik dan balik Lebaran, akan menghindarkan masyarakat dari potensi kecelakaan serta kemacetan di jalan raya. Sehingga, momen Lebaran dapat tetap dinikmati masyarakat dengan aman dan menggembirakan,” pungkas Joni.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.