Dark/Light Mode

Tinjau Pelabuhan Merak

Kapolri Ingin Pastikan Mudik Aman Untuk Masyarakat...

Selasa, 11 April 2023 07:50 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono meninjau kesiapan arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri tahun 2023 di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Senin (10/4). (Foto: Humas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono meninjau kesiapan arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri tahun 2023 di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Senin (10/4). (Foto: Humas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kemarin meninjau Pelabuhan Merak. Peninjauan ini dilakukan untuk memastikan kesiapan arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 2023.

Sekaligus, juga sebagai tindak lanjut dari instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada kementerian/lembaga hingga Polri untuk bergerak sejak dini, demi mewujudkan mudik yang aman dan nyaman bagi masyarakat.

“Sebab memang ada pening­katan terhadap jumlah pemudik yang akan kembali,” ujar Sigit, di Pelabuhan Merak.

Dari hasil tinjauannya, Sigit mengungkapkan, segala persiapan telah dilakukan dengan baik.

Mulai dari penambahan kapa­sitas rest area, tempat parkir dan pengaturan penggunaan Pelabu­han Ciwandan.

Baca juga : Tinjau Pelabuhan Merak, Kapolri Pastikan Wujudkan Mudik Aman Untuk Masyarakat

“Ini bisa bermanfaat mengu­rangi beban terhadap risiko ke­padatan yang terjadi,” bebernya.

Pemerintah telah memutus­kan untuk mengoperasionalkan Pelabuhan Ciwandan sebagai alternatif dari Pelabuhan Merak untuk masyarakat yang melaku­kan perjalanan mudik Lebaran 2023.

Sigit menginstruksikan ke­pada seluruh lintas sektoral serta jajarannya untuk melakukan so­sialisasi operasional Pelabuhan Ciwandan sejak awal kepada masyarakat.

Personel kepolisian, juga ha­rus memasang rambu lalu lintas untuk masyarakat yang menga­rah ke Pelabuhan Ciwandan.

“Sehingga masyarakat yang masih belum tahu arah Ciwan­dan kemana ini bisa tahu dan tidak terjadi crowded,” ingat mantan Kapolda Banten.

Baca juga : Tinjau Kesiapan Tol Cisumdawu, Menko PMK Optimis Bisa Urai Kemacetan Mudik Jawa Barat

Sigit juga mengimbau ma­syarakat memilih alternatif per­jalanan pada siang hari. Meng­ingat, pemudik yang pulang kampung melalui pelabuhan cenderung lebih banyak melakukan perjalanan pada malam hari.

Meski begitu, Sigit menekankan, seluruh personel Polri telah diinstruksikan untuk melakukan pengawalan dan penjagaan di sepanjang jalur perjalanan.

Baik di Pulau Sumatera mau­pun Jawa, pada siang ataupun malam hari, demi mewujudkan mudik yang aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat.

“Sehingga di jalan tidak ada gangguan kejahatan khusus­nya di jalur setelah turun dari Bakauheni dan mengarah ke tujuan masing-masing,” papar Sigit.

Selain itu, Sigit menyebut, personel kepolisian juga akan melakukan pengecekan hingga pengamanan di seluruh jalur yang mengarah ke Pelabuhan Merak, Ciwandan, dan lainnya agar tidak terjadi gangguan ke­amanan yang bisa menghambat perjalanan mudik.

Baca juga : Tinjau Distribusi Di Jatim, Direksi Pos Indonesia Pastikan Bantuan Pangan Beras Tepat Waktu

Demi mewujudkan mudik yang lebih baik, Sigit memas­tikan bahwa, pihaknya akan menyerap seluruh aspirasi dan masukan dari masyarakat.

Oleh sebab itu, Sigit juga mengimbau kepada seluruh warga untuk bisa proaktif mem­berikan informasi-informasi terkait arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Juga mengecek kerawanan yang menjadi keluhan masyarakat. Masyarakat juga diharapkannya memberikan infor­masi.

“Sehingga kemudian terkait kerawanan apakah dari sisi ancaman pidana atau mungkin sisi jalur, bisa diinformasikan ke kementerian terkait, semuanya bisa terkendali. Saya minta se­luruh jajaran Polri untuk menga­wal dan mengamankan,” tandas Sigit. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.