Dark/Light Mode

Kementerian BUMN Lepas 15 Ribu Pemudik Naik Kereta Api

Minggu, 16 April 2023 15:48 WIB
Peserta Mudik Bersama BUMN, memadati Stasiun Pasar Senen Jakarta, 15-16 April 2023. (Foto: Humas BUMN)
Peserta Mudik Bersama BUMN, memadati Stasiun Pasar Senen Jakarta, 15-16 April 2023. (Foto: Humas BUMN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar pelepasan peserta Mudik Bersama BUMN 2023 moda transportasi kereta api.

Sebanyak 15.658 peserta, diberangkatkan menggunakan 30 rangkaian kereta api dengan tujuan Surabaya, Malang, Blitar, Solo dan Yogyakarta dari titik keberangkatan Stasiun Pasar Senen, Jakarta, pada 15-16 April 2023.

 

Baca juga : Menko PMK Dan Menhub Lepas Keberangkatan Peserta Mudik Gratis Naik Kapal Dobonsolo

 

Menteri BUMN Erick Thohir menuturkan, Program Mudik Bersama BUMN 2023 bertajuk Mudik Dinanti Mudik di Hati, merupakan salah satu implementasi bakti BUMN dalam bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

“Sekaligus langkah strategis untuk memitigasi potensi risiko kecelakaan lalu lintas bagi pemudik, dengan mengalihkan pemudik pengguna kendaraan roda dua ke moda angkutan yang lebih aman dan nyaman,” ujar Erick dalam pernyataan tertulis di Jakarta, Minggu (16/4).

Baca juga : Mudik Gratis BUMN, KAI Sediakan 14 Ribu Tempat Duduk

Pelaksanaan mudik bersama yang setiap tahun dilaksanakan Kementerian BUMN dan perusahaan di bawah naungannya, merupakan wujud kolaborasi yang baik dalam mengurangi kecelakaan lalu lintas.

Upaya ini, diharapkan bisa membantu meringankan beban masyarakat yang ingin mudik dan berkumpul bersama keluarga di hari yang istimewa.

Dari total kuota mudik 67.223, sebanyak 15.658 kuota terserap untuk penumpang kereta api. Untuk itu, Kementerian BUMN menyiagakan 30 rangkaian kereta dengan tujuan Stasiun Pasar Turi, Gubeng, Malang Kota, Blitar, Solo Balapan, Jombang, dan Lempuyangan.

Baca juga : Kasino Pertama Jepang Siap Dibangun Di Teluk Osaka

“Tahun ini mobilitas masyarakat diperkirakan meningkat cukup drastis. Sehingga, dengan terbaginya waktu keberangkatan serta moda transportasi yang digunakan, diharapkan bisa mengurai kepadatan,” ujar Erick.

Dia berharap, pelaksanaan mudik Lebaran tahun ini bisa berjalan sukses dan terwujud mudik yang aman, nyaman, dan zero accident.

“Kita berdoa, semoga seluruh pemudik bisa selamat sampai tujuan. Sampaikan salam kami kepada sanak saudara di kampung halaman. Kami berkomitmen, agar program mudik bersama ini bisa menjangkau masyarakat lebih luas lagi,” kata Erick. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.