Dark/Light Mode

Tumbuh 28 Persen, Bukalapak Raih Untung Rp 1,0 Triliun Di Kuartal I

Kamis, 4 Mei 2023 15:26 WIB
Dari kiri VP Mitra Operation and Commerce Mitra Bukalapak Becquini Akbar, Presiden Bukalapak Teddy Oetomo, AVP of Media  Communication Bukalapak Fairuza Ahmad Iqbal, AVP of Public Relations Bureau Bukalapak Monica Chua berbincang saat menggelar halal bihalal bersama media di Jakarta, Kamis (4/5). (Foto : Khairizal Anwar/Rakyat Merdeka)
Dari kiri VP Mitra Operation and Commerce Mitra Bukalapak Becquini Akbar, Presiden Bukalapak Teddy Oetomo, AVP of Media Communication Bukalapak Fairuza Ahmad Iqbal, AVP of Public Relations Bureau Bukalapak Monica Chua berbincang saat menggelar halal bihalal bersama media di Jakarta, Kamis (4/5). (Foto : Khairizal Anwar/Rakyat Merdeka)

 Sebelumnya 
Pertumbuhan ini didorong pertumbuhan yoy dari Marketplace dan TPV specialty verticals. Sebanyak 72 persen TPV Bukalapak berasal dari luar daerah Tier 1 di Indonesia yang menunjukkan penetrasi all-commerce dan tren digitalisasi warung serta toko ritel tradisional terus tumbuh kuat.

Kemudian TPV Mitra Bukalapak pada kuartal-I 2023 naik sebanyak 9 persen yot menjadi Rp 18,7 triliun.

Pertumbuhan mitra tersebut utamanya didukung oleh ekspansi varian produk yang tumbuh 10 persen yoy untuk TPV produk-produk fisik dan 8 persen untuk TPV produk-produk virtual dan layanan finansial dari kuartal sama tahun lalu.

Baca juga : Transformasi Sukses, PLN Raih Penjualan Listrik Rp 311,1 Triliun Di 2022

“Per Maret 2023, jumlah mitra yang telah terdaftar mencapai 16,8 juta, meningkat dari 16,1 juta pada akhir Desember 2022,” sebutnya.

Sepanjang kuartal I tahun ini, rasio beban umum dan administrasi (tidak termasuk kompensasi berbasis saham) terhadap TPV membaik menjadi -0.8 persen dibandingkan dengan -1,0 persen pada periode sama tahun lalu.

"Margin kontribusi Bukalapak yang dihitung sebagai laba kotor dikurangi beban penjualan dan pemasaran terhadap TPV menunjukkan peningkatan dari -0,2 persen kuartal-I 2022 menjadi 0,3 persen," ujar Teddy.

Baca juga : NCKL Bukukan Pendapatan 4,8 Triliun Di Kuartal Pertama 2023

Lebih lanjut Teddy mengatakan,  margin kontribusi Marketplace Bukalapak terhadap TPV Marketplace meningkat dari 0,2 persen pada kuartal-I 2022 menjadi 0,7 persen pada kuartal-I 2023. Sedangkan margin kontribusi Mitra terhadap TPV Mitra membaik dari -0,4 persen pada kuartal pertama tahun lalu menjadi -0,1 persen pada kuartal-I 2023.

Bukalapak  berhasil membukukan adjusted Earning Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization (adjusted EBITDA) senilai minus Rp209 miliar pada kuartal I-2023.

"Rasio adjusted EBITDA terhadap TPV menunjukkan kenaikan dari -1,1 persen pada kuartal-I 2022 menjadi -0,5 persen pada kuartal I-2023," pungkas Teddy. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.