Dark/Light Mode

Jokowi: Harga Cabe Di Pasar Natar Lampung, Murah Sekali

Jumat, 5 Mei 2023 11:52 WIB
Presiden Jokowi Presiden Jokowi (tengah) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kanan), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua kanan), dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kiri) saat meninjau Pasar Natar, Lampung Selatan, Jumat (5/5). (Foto: YouTube)
Presiden Jokowi Presiden Jokowi (tengah) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kanan), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua kanan), dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kiri) saat meninjau Pasar Natar, Lampung Selatan, Jumat (5/5). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sangat murah. Bukan murah. Sangat murah sekali. Begitu kata Presiden Jokowi, saat mengomentari harga cabe di Pasar Natar, Lampung Selatan, Jumat (5/5).

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang mendampingi, ikut menimpali. "Terlalu murah Pak. Rp 20 ribu," ujar Ketua Umyum PAN yang akrab disapa Zulhas.

Harga komoditi lain yang dicek Jokowi di Pasar Natar, juga tergolong baik. Harga telur berkisar Rp 26-27 ribu. Bawang putih Rp 30 ribu.

Baca juga : Jokowi Mau Ke Lampung Cek Jalan Rusak, Menteri PUPR Bilang Begini

"Kalau harga bisa terus kita turunkan, tingkat inflasi akan semakin rendah. Ini tentu sangat kita harapkan. Jika pasokan banyak dan stabilitas harga bisa dikendalikan, daya beli rakyat akan meningkat," tutur Jokowi.

"Kalau pasokan telur cukup, melimpah, harganya pasti turun. Cabe juga begitu. Kalau produksi atau pasokannya melimpah, harganya jelas akan turun. Kuncinya di situ. Jangan sampai, pasokannya kurang," imbuhnya.

Presiden ke-7 RI ini juga mengingatkan, faktor lain yang tak kalah penting dalam mengendalikan harga komoditi adalah kualitas infrastruktur jalan.

Baca juga : Dikerubungi Warga Saat Jalan Sehat Di GBK, Ganjar Minta Jaga Persatuan Jangan Saling Bully

"Infrastruktur jalan, punya peran penting dalam menurunkan biaya logistik. Karena dapat mempengaruhi harga-harga yang ada di pasar ini. Setelah ini, saya mau lihat jalan-jalan yang ada di Lampung," kata Jokowi.

Minim Anggaran

Belum lama ini, beredar kabar tentang jalanan rusak di provinsi yang menjadi pintu gerbang Sumatera. Info ini diviralkan Tiktoker asal Lampung yang saat ini kuliah di Australia, Bimo Yudho Saputro.

Baca juga : DKI Geber Kegiatan Pasar Murah Keliling

Tak lama, tersiar berita, jalanan di Lampung langsung diperbaiki. Antara lain di Kabupaten Pringsewu. Apalagi, Jokowi juga diberitakan akan mengunjungi Lampung.

Ketika ditanya soal perbaikan jalan di Lampung yang terkesan dikebut menjelang kedatangannya, Jokowi menjawab simpel. "Ya baik dong," ujarnya di Pusat Perbelanjaan Sarinah, Jakarta, Kamis (4/5).

"Saat ini, kita sedang mengumpulkan data jalan-jalan kabupaten dan kota jalan-jalan provinsi yang rusak parah. Karena anggaran yang ada di provinsi maupun kabupaten kota, tidak banyak diarahkan kepada pembangunan infrastruktur," beber Jokowi kala itu. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.