Dark/Light Mode

GEKRAFS Usul 24 Oktober Jadi Hari Ekonomi Kreatif Nasional

Selasa, 9 Mei 2023 11:30 WIB
Halal bihalal Gerakan Ekonomi Kreatif. (Foto: Ist)
Halal bihalal Gerakan Ekonomi Kreatif. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (GEKRAFS) mengusulkan 24 Oktober ditetapkan sebagai Hari Ekonomi Kreatif Nasional (HEKRAFNAS).

Hal itu disingggung dalam acara halal bi halal pengurus GELRAFS secara hybrid, Senin (8/5). 

Acara ini dihadiri para pengurus GEKRAFS se-Nusantara dan dipimpin oleh Ketua Umum GEKRAFS, Kawendra Lukistian. Turut hadir Ketua Dewan Pembina GEKRAFS, Sandiaga Uno yang juga menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Usulan HEKRAFNAS digagas  GEKRAFS bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Usulan ini telah melalui proses penyerapan aspirasi melalui Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) yang disampaikan kepada Komisi X DPR pada akhir 2022.

Baca juga : PKS Resmikan Posko Mudik Gratis Nasional

Ketua Umum GEKRAFS, Kawendra Lukistian optimis, HEKRAFNAS akan menjadi langkah konstruktif untuk mewujudkan Indonesia sebagai pemimpin peradaban ekonomi kreatif dunia. "Kami yakin, dengan HEKRAFNAS, kita dapat menggali potensi besar yang dimiliki oleh generasi muda Indonesia dalam bidang ekonomi kreatif," ujarnya.

Terkait tahun politik, Kawendra menegaskan, GEKRAFS akan menjadi organisasi yang independen yang berdiri di atas semua warna, berdiri di atas semua golongan dan kepentingan. 

“Karena yang utama bagi GEKRAFS adalah para pelaku ekonomi kreatif harus sejahtera dan marwahnya terjaga," tegasnya.

Kawendra juga menggarisbawahi bahwa kesuksesan acara ini menunjukkan komitmen GEKRAFS dalam menjaga semangat kolaborasi dan inklusivitas di antara para pelaku ekonomi kreatif dan stakeholder terkait, tanpa memandang perbedaan politik maupun latar belakang mereka.

Baca juga : Usulan Revisi UU Zakat Tekan Potensi Kriminalisasi Amil Tradisional

Ketua DPW GEKRAFS DKI Jakarta, Farazandi Fidinansyah menegaskan, dukungan penuhnya terhadap perayaan HEKRAFNAS. "Ekraf (ekonomi kreatif) adalah harta karunnya Indonesia, dan momentum HEKRAFNAS seharusnya memberikan semangat baru bagi para pelaku ekraf di Indonesia untuk terus maju dan berkembang,” bebernya.

Para pengurus juga menyampaikan tanggal 24 Oktober yang diusulkan sebagai HEKRAFNAS akan selaras dengan semangat Sumpah Pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober. Inisiatif ini diharapkan dapat memberikan energi baru bagi generasi muda Indonesia untuk membangkitkan semangat kreativitas dan inovasi dalam menghadapi tantangan global.

Sementara, Sandiaga mengatakan, usulan tersebut sedang dalam proses menuju rembuk nasional oleh komite bersama dari Kemenparekraf dan GEKRAFS yang akan melibatkan para pelaku ekraf, akademisi, serta organisasi dan komunitas ekraf lainnya.

"Kami berharap HEKRAFNAS dapat segera diwujudkan melalui Keputusan Presiden, atau paling tidak melalui Keputusan Menteri terlebih dahulu,” katanya. 

Baca juga : Airlangga: Sektor Kehutanan Bisa Kerek Ekonomi Nasional

Menurut dia, hal ini agar seluruh pelaku ekraf di Tanah Air yang terdiri dari 17 subsektor dapat menyelenggarakan HEKRAFNAS secara serentak di wilayahnya masing-masing. Hal ini akan berpotensi besar dalam pencapaian pemulihan ekonomi secara nasional dan membuka lapangan pekerjaan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.