Dark/Light Mode

Gandeng Sajiwa Creative Digital, Digiasia Bios Genjot Digitalisasi Kota Bogor

Rabu, 10 Mei 2023 11:00 WIB
Penandatangan kerja sama digitalisasi Kota Bogor oleh Chief Operating Officer (COO) Digiasia Bios Hermansyah Haryono, Wali Kota Bogor Bima Arya, serta Direktur PT Mandalika Wilasita Sajiwa, Djoewiati Kentjana Soebrata. (Foto: Ist)
Penandatangan kerja sama digitalisasi Kota Bogor oleh Chief Operating Officer (COO) Digiasia Bios Hermansyah Haryono, Wali Kota Bogor Bima Arya, serta Direktur PT Mandalika Wilasita Sajiwa, Djoewiati Kentjana Soebrata. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Digiasia Bios berkolaborasi dengan PT Mandalika Wilasita Sajiwa mendukung pembangunan Kota Bogor dengan digitalisasi. 

Naskah perjanjian kerja sama ditandatangani langsung oleh Chief Operating Officer (COO) Digiasia Bios Hermansyah Haryono, Wali Kota Bogor Bima Arya, serta Direktur PT Mandalika Wilasita Sajiwa, Djoewiati Kentjana Soebrata, pada Jumat (5/5) lalu.

Baca juga : Startup Digiasia Bios Siap Melantai Di Bursa Amerika

Kolaborasi Digiasia Bios dengan Sajiwa Creative Digital ini dihadirkan dalam rangka mendukung upaya pemerintah Kota Bogor untuk mengakselerasi transformasi digital, di antaranya dengan penyediaan ekosistem elektronifikasi pembayaran yang menggunakan skema Business to Government to Consumers (B2G2C) sehingga Pemerintah Kota Bogor dapat segera memanfaatkan teknologi berlisensi dari Digiasia Bios. 

Sebagai bentuk realisasi kerjasama ini, Digiasia Bios dan Sajiwa Creative Digital bersama Dinas Komunikasi & Informatika Kota Bogor akan meluncurkan aplikasi Bogor Single Window (BSW), sebuah solusi yang dapat memberikan dampak secara nyata dan berkelanjutan bagi pemerintah dan masyarakat kota Bogor. 

Baca juga : Gandeng NuCash, Aviana Genjot Digitalisasi 95 Juta Warga NU

Hermansyah mengatakan, sejak awal Maret lalu, Digiasia Bios telah secara konsisten mendorong transformasi digital di daerah Jawa Barat. Kali ini bersama dengan Sajiwa Creative Digital, Digiasia Bios menghadirkan satu solusi pemanfaatan teknologi dari keempat aset berlisensi sah yang kami miliki- KasPro, KreditPro, RemitPro dan DigiBos, kepada Pemerintah Kota Bogor. “Diharapkan kedepannya, kerjasama ini dapat turut meningkatkan angka literasi digital dan keuangan di kota tersebut,” ujar Hermansyah. 

Dalam aplikasi BSW nanti, Hermansyah menyebutkan bahwa akan ada layanan keuangan digital dari KasPro berupa transfer dana dan QRIS yang sudah berizin Bank Indonesia untuk memudahkan seluruh kebutuhan pembayaran masyarakat kota Bogor. Kedua, akan ada solusi remitansi atau kebutuhan transfer dana domestik dan luar negeri dari RemitPro untuk memudahkan para Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Bogor yang sedang berkarya di luar negeri, melakukan proses transfer uang ke sanak keluarganya di Indonesia. 

Baca juga : Literasi Digital, Keniscayaan Yang Harus Segera Ditanggapi Negara

Selain itu, Hermansyah menambahkan bahwa akan ada pemanfaatan teknologi finansial pendanaan bersama dari KreditPro untuk penyaluran kredit produktif bagi mitra UMKM binaan pemerintah kota Bogor. Terakhir, akan ada layanan dari DigiBos yang bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan digital masyarakat dengan memberikan mereka kesempatan menjadi agen Layanan Keuangan Digital (LKD) sebagai peluang untuk meningkatkan ekonomi keluarga. 

“Kolaborasi dan kerja sama ini diharapkan dapat menjadi langkah baru bagi Digiasia Bios untuk mendukung program pemerintah kota Bogor dalam meningkatkan inklusi digital secara positif dan produktif, terutama bagi masyarakat yang selama ini belum tersentuh dan belum memiliki pemahaman yang benar akan penggunaan teknologi,” tutup Hermansyah. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.