Dark/Light Mode

KTT ASEAN 2023, Menteri Erick Promosikan 3 UMKM Rumah BUMN

Kamis, 11 Mei 2023 19:47 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir saat berkunjung ke stabd UNKM Rumah BUMN di Paneran di KTT ASEAN Summit Labuan Bajo. (Foto: Dok. Kementerian BUMN)
Menteri BUMN Erick Thohir saat berkunjung ke stabd UNKM Rumah BUMN di Paneran di KTT ASEAN Summit Labuan Bajo. (Foto: Dok. Kementerian BUMN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kembali menunjukkan komitmennya, untuk terus mendorong UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) mendunia, melalui Rumah BUMN SME's Hub di Waterfront Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sebagai bagian dari side event KTT ASEAN Summit 2023, sebanyak 50 UMKM mengikuti Pameran UMKM yang mayoritas di antaranya adalah binaan Rumah BUMN dan sejumlah UMKM lokal.

Erick mengungkapkan, Rumah BUMN SME's Hub bertujuan untuk mempromosikan dan membantu UMKM untuk meningkatkan daya saing, sekaligus membuka akses pasar global sehingga bisa mendorong UMKM tanah air mendunia.

“Kita harus mendorong UMKM ini untuk mendunia, salah satunya dengan pameran yang melibatkan pengunjung dari mancanegara," ujarnya, melalui siaran pers, Kamis (11/5).

Baca juga : Angkasa Pura I Siapkan 36 Parkir Pesawat Di Empat Bandara

Ia menekankan, perlu disadari bahwa UMKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia yang membuka banyak kesempatan kerja.

"Mereka bisa mengharumkan nama bangsa dengan produk-produk yang mendunia,” kata Erick.

Berkat Erick, melalui pendampingan Rumah BUMN, Tiga UMKM ini Jadi Sorotan saat Pameran UMKM Rumah BUMN SME's Hub.

Pertama, UMKM “Padu Padan Tenun & Tenun Ina Sabu” yakni kerajinan tenun dengan pewarna alami. Kerajinan berbahan dasar tenun Sumba NTT ini dibuat model berbagai pakaian kekinian seperti jaket bomber, kimono, dress dll. UMKM Kedua,

Baca juga : KTT ASEAN Labuan Bajo Harus Mengatensi Enabling Environment

”D'Etnick Istana Mutiara Lombok” yakni kerajinan aksesoris berbahan dasar mutiara. Di mana, produk ini berhasil mencuri perhatian pengunjung terutama perempuan karena unik dan dibuat langsung oleh tangan-tangan bertalenta pengrajin asli Lombok.

Adapun, keindahan Mutiara Mandalika, Ameera dan Trawangan terbuat dari perak membuat D’Etnik menembus pasar global.

Lalu, “Cita Rasa Indonesia” UMKM yang juga diminati pengunjung karena menyajikan makanan unik khas tradisional Indonesia.

Menurutnya, UMKM ini menjual produk andalan rendang daging sapi khas indonesia, dendeng balado dengan daging khas minang, bawang goreng khas Palu dan makanan-makanan khas Indonesia lainnya.

Baca juga : Blusukan Ke SPBU, Menteri ESDM Minta Pertamina Pastikan Stok BBM Aman

Di kesempatan yang sama, pemilik UMKM Padu Padan Tenun & Tenun Ina Sabu,

Ina berharap, melalui keikutsertaan pada acara ini, dirinya bisa memperkenalkan produk kami ke pasar yang lebih luas, yaitu pasar Internasional.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.