Dark/Light Mode

Bank Indonesia Luncurkan Autobiografi Mantan Gubernur BI Agus Martowardojo

Senin, 2 September 2019 23:12 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (kiri) dan Agus Martowardojo dalam peluncuran buku
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (kiri) dan Agus Martowardojo dalam peluncuran buku "Agus Martowardojo: : Pembawa Perubahan”, di Jakarta. (Foto Dok Bank Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia meluncurkan buku sekaligus authorized biography “Agus Martowardojo : Pembawa Perubahan” pada Senin (2/9/2019) di Jakarta. Buku tersebut adalah Buku Begawanship yang merupakan catatan dan rekaman wawasan, pemikiran, inspirasi serta nilai-nilai kepemimpinan dari para Gubernur dan Anggota Dewan Gubernur yang purna tugas di Bank Indonesia. 

Dalam sambutannya, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan tiga hal dalam buku itu. Pertama, tema yang diusung relevan dengan kiprah Agus Martowardojo sebagai sosok pembawa perubahan pada saat memimpin berbagai lembaga di Indonesia, termasuk BI khususnya dalam melakukan transformasi institusi.

Kedua, memaparkan reformasi yang dilakukan Agus Martowardojo secara end to end pada berbagai aspek, termasuk dari aspek kebijakan. Hal ini antara lain ditunjukkan peran Agus Martowardojo dalam pembentukan Undang-undang (UU) Mata Uang, dan UU Otoritas Jasa Keuangan, termasuk dalam proses pengalihan fungsi pengawasan BI ke OJK.

Baca juga : Massa Tiba Di Kantor Gubernur Papua

Ketiga, materi yang dituturkan secara komprehensif, bukan hanya dari aspek pengalaman pekerjaan, namun juga biografi individu Agus Martowardojo serta harapan Agus Martowardojo terhadap Indonesia di masa yang akan datang. Secara umum Buku “Agus Martowardojo : Pembawa Perubahan” berkisah tentang perjalanan karier Agus Martowardojo selama lebih dari tiga dekade, sejak mengabdi di sektor privat hingga menjadi birokrat.

Buku ini memaparkan pengalaman Agus Martowardojo selama berkarier di industri perbankan termasuk tantangan dan prestasi dalam mengelola berbagai bank yang dipimpinnya. Dimulai di Bank Niaga yang sejak awal telah menunjukkan dedikasi dan performa yang di atas rata-rata, membangun Bank Mandiri yang merupakan merger dari empat bank pemerintah, memimpin merger lima bank swasta menjadi Bank Permata dan memimpin transformasi Bank Mandiri.

Selanjutnya saat menjabat sebagai Menteri Keuangan, Agus Martowardojo mengimplementasikan berbagai kebijakan strategis dalam mengelola keuangan negara, serta meneruskan transformasi birokrasi di Kementerian Keuangan. Yang tak kalah berharganya adalah pengalaman selama memimpin Bank Indonesia dengan empat elemen kunci, yakni reorganisasi, tata kelola, manajemen SDM, dan efisiensi operasional.

Baca juga : Peluang Kakao Indonesia Banjiri Pasar Uni Eropa

Nilai-nilai integritas, profesionalisme dan excellence yang menyertai tiga puluh tahun perjalanan karier Agus Martowardojo diharapkan dapat menjadi teladan dan inspirasi dalam pengembangan jiwa kepemimpinan insan Indonesia guna membangun sumber daya manusia unggul, untuk Indonesia maju.

Dalam kesempatan peluncuran, diselenggarakan juga kegiatan bedah buku terkait yang menghadirkan narasumber Gubernur Bank Indonesia, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Menteri Keuangan, Ketua Dewan Komisioner OJK, dan Direktur Utama Bank Mandiri.

Buku “Agus Martowardojo : Pembawa Perubahan” telah terdaftar pada International Standard Book Number (ISBN) dan akan dipublikasikan kepada masyarakat umum secara luas. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.