Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gandeng Flip, Amartha Dorong Pendana Retail Salurkan Modal Produktif

Sabtu, 13 Mei 2023 10:27 WIB
Amartha mendukung pendana retail dalam menyalurkan dana produktif. (Foto: Ilustrasi)
Amartha mendukung pendana retail dalam menyalurkan dana produktif. (Foto: Ilustrasi)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) sebagai prosperity platform yang menyediakan layanan teknologi keuangan inklusif bagi segmen usaha ultra mikro, menjalin kolaborasi dengan Flip.

Flip adalah perusahaan penyedia jasa pembayaran (khususnya transfer uang) yang berbasis teknologi di Indonesia dan telah terlisensi oleh Bank Indonesia, dengan menghadirkan produk pendanaan produktif yang menggunakan sistem crowdfunding di aplikasi Flip.

Kolaborasi ini bertujuan mendorong minat pasar retail dalam mendukung penyaluran modal bagi UMKM di pedesaan.

Produk pendanaan produktif dengan sistem crowdfunding merupakan salah satu produk yang memungkinkan pendana untuk mendanai satu atau lebih dari peminjam dana di satu platform, secara gotong royong atau kolektif dengan modal yang terjangkau.

Lewat aplikasi Flip, pendana dapat menyalurkan pendanaan ke beberapa mitra usaha ultra mikro sekaligus dengan kualitas portofolio yang baik dan memperoleh bagi hasil yang dibayarkan secara mingguan.

Baca juga : Gandeng Raisa Andriana, Dettol Hadirkan Produk Anyar Berbahan Alami

Chief Funding Officer Amartha, Julie Fauzie menjelaskan kolaborasi Amartha dan Flip bertujuan memperluas akses pendanaan bagi UMKM lewat teknologi yang inklusif.

Julie mengatakan, dengan skema crowdfunding, pendana bisa mendanai mulai dari Rp100.000, sangat terjangkau sehingga diharapkan dapat menarik pendana retail yang lebih masif untuk mendiversifikasikan portofolionya pada pendanaan produktif.

 "Ini merupakan bagian dari upaya Amartha untuk turut mendukung peningkatan inklusi keuangan di Indonesia,” ujar Julie dalam keterangannya, Sabtu (13/5).

Menurutnya, potensi pendanaan dari kanal retail untuk mengakselerasi pertumbuhan UMKM masih sangat besar.

Amartha berkomitmen pada pemberdayaan UMKM sangat terbuka terhadap peluang kolaborasi dan inovasi dari berbagai institusi, termasuk Flip.

Baca juga : Transisi Akhiri Kedaruratan Covid, Pemerintah Tetap Gencarkan Vaksinasi

Dengan terjalinnya kolaborasi dari berbagai institusi diharapkan para pelaku UMKM bisa terwujud kesejahteraan yang merata, baik itu para pelaku usaha dan juga pendana retail," ujar Julie.

Sementara itu VP Enterprise Growth & Business Development Flip, Henri Halim menjelaskan tujuan Flip sebagai perusahaan penyedia jasa pembayaran berbasis teknologi untuk menghadirkan solusi keuangan bagi masyarakat dan pelaku bisnis UMKM.

“Kolaborasi ini merupakan wujud komitmen Flip dalam mendukung kemajuan UMKM lokal untuk terus tumbuh serta dukungan dalam meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia," ujar Henri.

Menurutnya, Flip optimis kemudahan teknologi yang kami hadirkan dapat menarik lebih banyak pendana pemula untuk mulai mendiverisifikasi portofolionya dengan mendanai UMKM lewat fitur pendanaan Amartha di Flip.

Saat ini, fitur pendanaan Amartha dapat digunakan oleh beberapa pengguna Flip, tentunya kami terus meningkatkan kolaborasi ini agar seluruh pengguna Flip dapat menikmati fitur pendanaan Amartha,” tutur Henri.

Baca juga : Bandara Komodo Layani Penerbangan Internasional Selama KTT ASEAN

Sekadar informasi, hingga saat ini secara kumulatif, Amartha telah menyalurkan permodalan lebih dari 12 triliun rupiah kepada 1,7 juta mitra usaha di 35.000 desa di Indonesia.

Sebagai mitra kolaborasi, Flip Flip telah membantu transaksi masyarakat hingga triliunan rupiah tiap bulannya dan juga membantu lebih dari 12 juta pengguna individu menghemat dengan total triliunan rupiah dari solusi transfer antarbank dan top-up e-wallet.

“Amartha dan Flip optimis kolaborasi ini dapat mengakselerasi inklusi keuangan di Indonesia serta diharapkan dapat menjadi inspari banyak pihak untuk mendukung UMKM Indonesia”, pungkas Julie. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.