Dark/Light Mode

S Pen Galaxy S23 Ultra 5G Dukung Produktivitas Pengguna

Rabu, 17 Mei 2023 21:28 WIB
Bisa jadwalkan meeting di kalender langsung dengan fitur text capture dari Galaxy S23 Ultra 5G/Foto: Dok Samsung
Bisa jadwalkan meeting di kalender langsung dengan fitur text capture dari Galaxy S23 Ultra 5G/Foto: Dok Samsung

RM.id  Rakyat Merdeka - Smartphone canggih yang mampu mendukung produktivitas, jadi pilihan utama konsumen saat ini. Dengan smartphone canggih, berbagai macam aktivitas mereka bisa dilakukan hanya dalam satu genggaman.

Bahkan, riset dari Think with Google, 75 persen responden mengatakan smartphone dapat membantu mereka lebih produktif. Sementara, 60 persen responden menilai smartphone dapat membantu mereka lebih percaya diri dan merasa nyaman dalam menyiapkan pekerjaan sehari-hari.

Nah, Galaxy S23 Ultra 5G diciptakan untuk menjawab kebutuhan konsumen akan smartphone yang dapat mendorong produktivitas sehari-hari. 

“Sebagai seri tertinggi dari Galaxy S23 Series 5G, smartphone ini hadir dengan berbagai fitur yang dirancang khusus bagi mereka dengan mobilitas tinggi," ungkap Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia Verry Octavianus.

Misalnya, S Pen yang kemampuannya telah ditingkatkan, integrasi dengan Google untuk mempermudah pekerjaan, serta jaminan keamanan data menggunakan Samsung Knox. Semua fitur tersebut tak lepas dari peranan prosesor berkemampuan tinggi dari Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy.

Lalu, seberapa canggihnya Galaxy S23 Ultra 5G? Berikut fitur dari Galaxy S23 Ultra 5G buat memaksimalkan aktivitas sehari-hari.

Bikin Aktivitas Lebih Mobile

Sejak pertama kali hadir di Galaxy Note Series, S Pen memang diciptakan untuk mendorong kinerja penggunanya. Dengan S Pen, pengguna Galaxy S23 Ultra 5G bisa bekerja di manapun dan kapan pun.

Baca juga : Kamera Galaxy S23 Ultra 5G, Hasil Foto Menjadi Epic Banget

Agar produktivitas maksimal dengan S Pen, bisa diterapkan sejumlah tips. Misalnya, mencatat segala sesuatu on the go langsung di halaman depan tanpa harus membuka aplikasi. 

“Caranya, cukup tarik S Pen dari tempatnya maka secara otomatis bisa langsung mencatat segala kebutuhan," kata Verry.

Menurut dia, dengan S Pen bisa mengubah tulisan tangan menjadi teks digital dengan mudah. Fitur ini akan sangat berguna untuk membantu mengedit, menyimpan dan membagikan catatan dengan mudah.

"Fitur Smart Select untuk menyalin teks dari gambar atau dokumen hasil scan ke dalam bentuk tulisan, sehingga tidak perlu mengetik ulang informasi yang penting dan bisa menghemat waktu," ungkapnya lagi.

Bisa Jadwalkan Meeting

Cukup dengan menangkap teks yang menunjukkan tanggal meeting tertentu dari WhatsApp, email, atau website, maka secara otomatis akan tercatat di kalender.

"Kamu juga bisa coret-coret langsung di kalender menggunakan S Pen," jelas Verry.

Beberapa kemampuan S Pen lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk mendorong produktivitas kerja. Antara lain, kemampuan untuk untuk membuat tanda tangan digital yang presisi seperti di atas kertas, memungkinkan untuk menerjemahkan kata perkata dengan mudah, serta bisa digunakan sebagai remote untuk tombol shutter kamera. Dengan ini, bisa mengambil foto dengan mudah tanpa harus menyentuh layar.

Baca juga : Bamsoet Dukung PFN Produksi Film Tentang Jokowi

Selain itu, tak dipungkiri Google memiliki banyak sekali produk yang dapat menunjang pekerjaan lebih mudah. Kabar menariknya, Galaxy S23 Ultra 5G sudah dibekali sistem yang terintegrasi dengan sejumlah fitur khas Google.

Nah, agar proses produktivitas lebih mumpuni, ada sejumlah tips yang bisa diterapkan, salah satunya memanfaatkan fitur Live Sharing yang ada di Google Duo.

 Dengan fitur tersebut, bisa melakukan aktivitas kolaboratif dengan tim, seperti berbagi dan mengedit dokumen, mendengarkan musik, atau menonton video di YouTube secara bersamaan. Cara ini bisa diterapkan untuk mempermudah kerja remote.

Sebagai contoh, pada saat memberi catatan pada sebuah dokumen yang dishare melalui Google Meet, maka secara otomatis catatan tersebut akan langsung masuk ke device rekan kerja, begitupun sebaliknya. 

Integrasi antara Samsung dan Google juga ditunjukkan melalui penggunaan S Pen. Sekarang S Pen bisa dipakai untuk melakukan quick search di aplikasi tertentu milik Google, di antaranya adalah Chrome dan YouTube.

Melalui fitur yang diberi nama S Pen to Text itu, pengguna bisa melakukan pencarian cepat di kolom pencarian Chrome dan YouTube dengan tulisan tangan tanpa harus repot-repot mengetik secara digital.

Selanjutnya soal keamanan data menjadi isu yang paling penting, terutama di era digital seperti saat ini. Kabar baiknya, pengguna Galaxy S23 Series 5G tidak perlu khawatir soal keamanan data, sebab Samsung telah melengkapi perangkatnya dengan Knox.

Diperkenalkan pertama kali pada 2013, Knox diciptakan sebagai solusi perlindungan data untuk seluruh perangkat Galaxy terutama bagi pengguna bisnis. 

Baca juga : Ini 4 Strategi ARFI Genjot Produktivitas Industri Baja Ringan Nasional

Knox merupakan platform keamanan berlapis yang dibangun untuk membantu bisnis dan profesional untuk meningkatkan alur kerja mereka agar dapat menggunakan dan mengelola perangkat secara inovatif.

Di samping itu, Samsung juga punya fitur Secure Folder yang memungkinkan pengguna untuk lebih mengamankan aplikasi dan data pribadi. Pengguna bisa mengunci dokumen-dokumen confidential ke folder khusus yang hanya bisa diakses dengan password khusus.

Caranya, scroll ke bawah notifications tray dan pergi ke menu Settings. Selanjutnya pilih opsi Security and Privacy, lalu cari Secure Folder dan klik. Untuk menggunakan Secure Folder, harus sign in terlebih dahulu menggunakan Samsung Account.

Selanjutnya, jika Secure Folder sudah terbuat kamu bisa memilih jenis lock untuk Secure Folder, seperti PIN, password, pattern, hingga fingerprints. Melalui Secure Folder bisa menyimpan foto atau dokumen apapun.

Galaxy S23 Series 5G jadi pilihan terbaik buat yang memiliki produktivitas serta mobilitas tinggi.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.