Dark/Light Mode

Prabowo: Pertama dalam Sejarah Pemerintah Prioritaskan Pembangunan Pertahanan

Kamis, 9 Maret 2023 22:19 WIB
Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjajal pesawat canggih C-130 J-30 Super Hercules A-1339, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (8/3). (Foto: Biro Pers)
Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjajal pesawat canggih C-130 J-30 Super Hercules A-1339, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (8/3). (Foto: Biro Pers)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengapresiasi pemerintahan Presiden Jokowi yang terus memprioritaskan pembangunan pertahanan. Hal ini dikatakan Prabowo saat menyerahkan pesawat C-130J-30 Super Hercules kepada Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, yang disaksikan langsung Presiden Jokowi, di Lanud Halim Perdanakusuma, Rabu (8/3).

"Dukungan pemerintahan Pak Joko Widodo saya lihat dalam sejarah untuk pertahanan itu terbesar, terbesar. Tapi kita, beliau punya prioritas, kita kemarin mengalami Covid-19 yang sangat berbahaya, jadi prioritas beliau, kita utamakan keselamatan rakyat," kata Prabowo, dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (9/3)

Baca juga : Pemerintah Segera Umumkan HPP Gabah Terbaru

Dalam serah terima itu, Jokowi mengatakan, pembangunan postur pertahanan negara akan disesuaikan dengan ketersediaan APBN dan terus dilakukan secara bertahap. “Ya semuanya disesuaikan dengan anggaran yang kita miliki. Tapi kita ingin berusaha agar terpenuhi,” katanya.

"Seperti hari ini, yang kita pesan ada lima, tadi Pak Menhan menyampaikan, hari ini datang satu, nanti Juni tambah satu lagi, Juli tambah satu lagi, Oktober tambah satu, Januari tahun depan tambah satu. Lima pesawat yang akan datang ke negara kita,” tambahnya.

Baca juga : Airlangga: Pemerintah Bersih Syarat Penting Pertumbuhan & Pemerataan Ekonomi

Seluruh kegiatan perbaikan pesawat Super Hercules ini nantinya akan dilaksanakan di Tanah Air. Hal tersebut mencakup perbaikan dan overhaul berat seperti penggantian center wing box.

“MRO-nya, maintenance repair overhaul akan di Indonesia dilaksanakan. Sebagaimana pesawat yang kedua ini sudah dilaksanakan di Indonesia semua. Ini termasuk overhaul berat pergantian center wing box ini sangat sulit, pertama kali kita lakukan di Indonesia,” kata Prabowo.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.