Dark/Light Mode

Hari Pelanggan Nasional

AP II Rekrut Kaum Disabilitas Jadi Karyawan di Bandara Soekarno-Hatta

Rabu, 4 September 2019 18:53 WIB
Empat orang penyandang disabilitas berkunjung ke Terminal 2 dan 3 Bandara Soekarno-Hatta, untuk mengetahui standar pelayanan kepada penumpang di bandara tersebut, Rabu (4/9). (Foto: Humas AP II)
Empat orang penyandang disabilitas berkunjung ke Terminal 2 dan 3 Bandara Soekarno-Hatta, untuk mengetahui standar pelayanan kepada penumpang di bandara tersebut, Rabu (4/9). (Foto: Humas AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II akan merekrut penyandang disabilitas untuk bekerja di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Penyandang disabilitas itu nantinya akan bekerja di terminal penumpang pesawat. Tepatnya, sebagai personel Information Center, Customer Service, atau iMate Lounge (i-Millennial Airport Travel Experience Lounge).

Bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada hari ini, Rabu (4/9), empat orang penyandang disabilitas berkunjung ke Terminal 2 dan 3, untuk mengetahui standar pelayanan kepada penumpang di Soekarno-Hatta. 

Setelah kunjungan ini, selanjutnya akan dibahas lebih lanjut terkait tugas pokok dan fungsi mereka dalam bekerja di terminal.

Terkait hal ini, SVP of Corporate Secretary & Legal PT Angkasa Pura II (Persero) Deni Krisnowibowo mengatakan, pada tahap awal, perseroan akan merekrut lima orang penyandang disabilitas.

Baca juga : Sambut Hari Pelanggan Nasional, BNI Edukasikan Perbankan Pada Milenial

“Dalam waktu dekat, kami akan merekrut penyandang disabilitas. Rencananya, mereka akan ditugaskan sampai akhir tahun. Selanjutnya, kami akan menawarkan kepada mereka, untuk bergabung bersama AP II," kata Deni.

Ia menambahkan, penyandang disabilitas seharusnya memiliki kesempatan yang sama, untuk bisa bekerja di sektor pelayanan publik.

"Kami berharap, semangat yang tumbuh di Soekarno-Hatta ini bisa menyebar ke tempat lainnya,” tandas Deni.

Salah satu penyandang disabilitas yang berkunjung hari ini ke Terminal 3 Soekarno-Hatta adalah Catur Sigit Nugroho, yang saat ini menggunakan kursi roda. Saat ini, Catur juga bekerja di Kementerian Perhubungan.

Catur mengungkapkan, fasilitas yang ada di Soekarno-Hatta sudah memadai bagi para penyandang disabilitas untuk bekerja di tempat tersebut.

Baca juga : Pertamina Turun Langsung Sapa Pelanggan di SPBU

 “Saya bisa menginformasikan kepada teman-teman disabilitas, kalau fasilitas di sini (Soekarno-Hatta) sudah memadai bagi para penyandang disabilitas," jelasnya.

Catur juga mengapresiasi niat AP II merekrut pegawai peyandang disabilitas. “Kebetulan, AP II meminta kami untuk membantu pemetaan, mapping guna merekrut karyawan disabilitas,” jelasnya.

Sementara itu, VP of Airport Global Service Angkasa Pura II Anindita Galuh Wardhani menuturkan, penyandang disabilitas dapat berkontribusi pada keberagaman, yang dapat meningkatkan pelayanan kepada para penumpang pesawat di terminal.

“Penyandang disabilitas membutuhkan kesempatan bekerja, yang terkadang sulit mereka dapatkan. Di Bandara Soekarno-Hatta, fasilitas sudah sangat mendukung bagi penyandang disabilitas untuk bekerja penuh waktu. Karena itu, kesempatan kerja pun harus dibuka," papar Anindita.

"Kami meyakini, standar pelayanan di Soekarno-Hatta akan semakin meningkat, dengan bergabungnya penyandang disabilitas sebagai personel frontliners kami,” ujar Anindita.

Baca juga : Konsumen Setia Bright Gas Dapat Gratis Isi Ulang 1 Tahun

Kunjungan penyandang disabilitas sengaja dilakukan bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional. Sebab, momentum tersebut dinilai cocok memompa semangat perusahaan, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Berkaitan dengan Hari Pelanggan Nasional, seluruh bandara di bawah pengelolaan AP II menggelar program Customer Happiness.

AP II saat ini mengelola 16 bandara yang tersebar di Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Pada Hari Pelanggan Nasional ini, masing-masing bandara memperkenalkan kearifan lokal setempat kepada para penumpang pesawat. Antara lain melalui kesenian, makanan, dan baju adat. [HES]]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.