Dark/Light Mode

Survei Litbang Kompas: Partai Perindo Masuk 4 Besar Parpol Yang Paling Disukai

Kamis, 25 Mei 2023 09:39 WIB
Gerobak Partai Perindo. (Foto: Ist)
Gerobak Partai Perindo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Survei Litbang Kompas pada Mei 2023 menempatkan tingkat kesukaan publik terhadap Partai Perindo mencapai 45,5 persen atau posisi ke-4 setelah Partai Demokrat, Golkar dan Gerindra.

Dalam survei tersebut memperlihatkan, Demokrat menjadi partai politik paling disukai dalam survei yang digelar pada Mei 2023. Berdasarkan jejak pendapat yang dilakukan, 56,5 persen publik suka dengan Partai Demokrat. 

Berikutnya, ada Partai Golkar dengan angka 51,4 persen pada survei yang sama. Angka ini lebih tinggi dibanding Partai Gerindra di angka 50,1 persen. Selanjutnya, menempel persis satu tingkat di bawah 3 parpol teratas, yaitu pada posisi 4 ada Partai Perindo. Sebanyak 45,5 persen publik menyukai partai besutan Hary Tanoesoedibjo itu.

Posisi berikutnya, ada Partai Nasdem dengan angka 43,3 persen. Posisi Nasdem masih di atas PDIP yang berada di angka 42,8 persen.

Menanggapi survei Litbang Kompas tersebut, pengamat politik Adi Prayitno menilai tingkat kesukaan publik terhadap Partai Perindo didasari sejumlah faktor. Pertama, bukti kerja konkret, kerja nyata, yang sangat dirasakan langsung manfaatnya oleh rakyat yang dilakukan Partai Perindo selama ini.

Baca juga : Di Depan PM Sunak, Jokowi Minta Komoditas Utama Indonesia Tak Kena Diskriminasi

"Misalnya kerja nyata yang dilakukan oleh Partai Perindo seperti Gerobak Perindo, ada bantuan sosial, dan bantuan-bantuan UMKM. Saya kira kerja-kerja itu yang membuat orang suka kepada partai politik, seperti Perindo ya," kata Adi, Kamis (25/5).

Kedua, kesukaan publik kepada Partai Perindo juga terkait dengan figur dan tokoh yang menjadi kader hingga kemudian menjadi pengurus dari partai yang ditetapkan KPU bernomor urut 16 pada kertas suara Pemilu 2024 tersebut.

Menurutnya, sejauh ini Partai Perindo memiliki begitu banyak kader-kader bagus, terutama mantan-mantan kepala daerah yang dinilai punya integritas, kompetensi dan memiliki rekam jejak baik. "Di mana kepala daerah itu secara tidak langsung memberikan efek positif yang berimbas kepada naiknya tingkat kedisukaan  yang terjadi pada Partai Perindo," terang Prayitno.

Ketiga, program, visi misi, dan orientasi kinerja dari Partai Perindo yang ingin ekonomi Indonesia maju dan rakyat menjadi sejahtera, sebagaimana yang selama ini terus digaungkan Ketua Umum DPP Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo. Artinya, pembenahan sektor ekonomi adalah sesuatu yang prinsip dan dianggap sangat penting serta menjadi prioritas bagi rakyat di mata Partai Perindo.

"Jadi, itu tidak mengherankan ketika Partai Perindo misalnya melakukan kegiatan-kegiatan dan punya misi besar supaya UMKM meningkat, ekonomi tumbuh, akses terhadap pekerjaan semakin mudah. Itu secara pasti memberikan efek positif yang kemudian masyarakat suka," tegas Prayitno.

Baca juga : Komunitas Nelayan Pendukung Ganjar Lakukan Penyuluhan Pelestarian Air Di Takalar

Di sisi lain, survei Litbang Kompas juga menempatkan tingkat kepopuleran Partai Perindo mencapai 73,7 persen berada di peringkat ketujuh. Popularitas Partai Perindo bahkan melampaui tiga partai parlemen, seperti Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Survei Litbang Kompas menyebutkan salah satu kerja elektoral yang terus harus dilakukan partai politik nonparlemen adalah meningkatkan daya popularitas mereka di hadapan pemilih. Partai Perindo tercatat sebagai partai nonparlemen yang tertinggi mengalami peningkatan popularitas. 

Jika pada survei Januari 2023 popularitasnya berada di angka 69,5 persen, di survei Mei ini berada di angka 73,7 persen. Artinya, ada peningkatan popularitas 4,2 persen untuk Perindo.

Tren kenaikan popularitas juga dialami oleh sosok Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo di mana lagi-lagi Partai Perindo tercatat paling tinggi. Popularitas Hary Tanoesoedibyo tercatat paling tinggi, yakni mencapai 49,1 persen di survei Mei 2023 atau naik 2,5 persen dibandingkan Januari lalu.

Selain itu, Hary Tanoesoedibjo juga masuk dalam daftar tokoh populer berdasarkan hasil survei Litbang Kompas, yaitu sebesar 49 persen, sedangkan yang menyukai sebesar 34 persen, sedangkan responden yang sangat mengenal sebesar 7 persen.

Baca juga : Mau Ikut Maybank Marathon? Ini Persiapan Penting Yang Perlu Dilakukan

Untuk diketahui, survei Litbang Kompas dilakukan melalui wawancara tatap muka dan diselenggarakan dari 29 April–10 Mei 2023. Survei ini, melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi Indonesia.

Adapun margin of error penelitian +/- 2,83 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. Meskipun demikian, kesalahan di luar pemilihan sampel dimungkinkan terjadi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.