Dark/Light Mode

ASEAN Business Awards 2023 Resmi Dibuka, Buruan Daftar! Ini Syaratnya

Selasa, 30 Mei 2023 21:13 WIB
ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) yang diketuai Arsjad Rasjid mengumumkan pembukaan pendaftaran ASEAN Business Awards (ABA) 2023.
ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) yang diketuai Arsjad Rasjid mengumumkan pembukaan pendaftaran ASEAN Business Awards (ABA) 2023.

RM.id  Rakyat Merdeka - ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) yang diketuai Arsjad Rasjid mengumumkan pembukaan pendaftaran ASEAN Business Awards (ABA) 2023.

ABA merupakan sebuah ajang prestisius yang memberikan pengakuan dan merayakan keberhasilan serta inovasi bisnis di lingkup ASEAN.

"ABA 2023 bukan sekedar ajang penghargaan, tetapi juga menjadi ekspresi konkret komitmen dan dukungan industri, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta individu terhadap kemajuan, inovasi juga visi inklusivitas, sentralitas dan pertumbuhan berkelanjutan di kawasan ini," kata Arsjad saat jumpa pers di Menara Kadin, Jakarta, Selasa (29/5).

Arsjad melanjutkan, melalui ABA 2023 semua perusahaan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan individu dipersilakan untuk berpartisipasi dan mendaftarkan dirinya sebagai bagian integral dalam pertumbuhan ekonomi ASEAN yang sangat inklusif.

Baca juga : Jokpro 2024 Resmi Bubar Hari Ini, Ternyata Ini Alasannya...

Registrasi dan Pilar Penghargaan ASEAN Business Awards 2023 Registrasi ABA 2023 resmi dibuka pada tanggal 29 Mei dan ditutup pada tanggal 14 Juli.

Untuk dapat mengetahui informasi lebih lanjut dan detail mengenai registrasi pendaftaran ABA 2023 dapat mengakses website www.aseanbacindonesia.id.

Sebagai informasi, ABA 2023 menawarkan 8 pilar penghargaan yang terdiri dari 5 pilar yang dikhususkan untuk perusahaan besar dan UMKM, sementara 3 pilar yang lainnya adalah untuk kategori individual.

"Secara total akan ada 13 kategori penghargaan di berbagai sektor dan bidang. Lima pilar bagi perusahaan dan UMKM terdiri dari pilar Transformasi Digital, Pembangunan Berkelanjutan, Ketahanan Pangan, Ketahanan Kesehatan dan Fasilitasi Perdagangan dan Investasi," ujar Arsjad.

Baca juga : APFI 2023 Resmi Dibuka Di Surabaya, 13 Foto Terbaik Dari 7 Kategori Dipilih

Pilar ini akan diisi oleh 10 kategori penghargaan yaitu The Bionic Company, The Best CX, Net-Zero Leader, Plastic Waste Circularity, Sustainable Crop Production, Tech for Sustainable Agriculture, Health Innovation, Corporate Health Achievement, Export Growth, dan Innovative Investment.

Selain itu, pada kategori individual terdapat 3 pilar penghargaan yang terdiri dari Women, Youth, dan Friends of ASEAN.

Ketiga pilar ini memiliki masing-masing satu kategori penghargaan, yaitu ASEAN Women Leader, ASEAN Under 40, dan Friends of ASEAN.

Untuk dapat ikut serta dalam penghargaan ini, terdapat beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi baik itu untuk perusahaan besar, UMKM maupun individu.

Baca juga : Cetak Gol, Beckham: Ini Pertunjukan Saya

"Syarat ini untuk menyaring dan mencari peserta yang memang memiliki kualitas, keunggulan dan punya dampak besar pada pertumbuhan ekonomi bisnis di ASEAN," kata Arsjad.

Persyaratan untuk perusahaan besar antara lain, terdaftar di negara anggota ASEAN, setidaknya 50 persen kepemilikan perusahaan oleh negara-negara ASEAN, telah beroperasi di 2 negara anggota ASEAN atau lebih selama minimal 5 tahun dan memiliki pendapatan tahunan perusahaan lebih dari 10 juta dolar AS.

Sementara itu, persyaratan untuk UMKM meliputi memiliki kepemilikan ekuitas oleh negara-negara ASEAN setidaknya 50 persen, telah beroperasi selama minimal 2 tahun di setidaknya satu negara anggota ASEAN. Dan memiliki pendapatan tahunan UMKM kurang dari 10 juta dolar AS.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.