Dark/Light Mode

Arus Balik Lebaran 2023

Jasa Marga Siap Dukung SKB Pengaturan Lalu Lintas di Jalan Tol

Rabu, 26 April 2023 09:50 WIB
Ilustrasi arus balik Lebaran di Gerbang Tol Cikampek Utama (Foto: Dok. Jasa Marga)
Ilustrasi arus balik Lebaran di Gerbang Tol Cikampek Utama (Foto: Dok. Jasa Marga)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Jasa Marga (Persero) Tbk siap mendukung pelaksanaan Surat Keputusan Bersama (SKB) Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dan Kakorlantas Polri Nomor: KP-DRJD 2617 Tahun 2023 dan Nomor: SKB/49/IV/2023 Tanggal 25 April 2023 Tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan Selama Masa Arus Balik Angkutan Lebaran Tahun 2023/1444 H.

SKB ini merupakan tambahan SKB yang telah diterbitkan pada 5 April 2023 lalu, untuk menambah pengaturan lalu lintas di tanggal-tanggal yang belum ditetapkan sebelumnya.

Pengaturan ini dilakukan dalam rangka menjamin keselamatan, keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas dan angkutan jalan. Serta mengoptimalkan penggunaan dan pergerakan lalu lintas pada ruas jalan nasional, termasuk jalan tol.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, Jasa Marga mencatat, realisasi lalu lintas yang kembali ke Jabotabek dari arah Timur (Trans Jawa dan Bandung pada H+1 (24 April 2023) hingga H+2 (25 April 2023 pukul 14.00 WIB), mencapai 175 ribu kendaraan.

Dengan jumlah realisasi yang baru mencapai 18 persen dari prediksi arus balik dari arah Timur (984 ribu kendaraan), maka masih terdapat 82 persen lalu lintas yang belum kembali ke Jabotabek atau sebanyak 808 ribu kendaraan.

Jika lalu lintas yang belum kembali ke Jabotabek, diasumsikan terdistribusi secara merata hingga 1 Mei 2023, maka volume kendaraan dari arah Timur yang kembali ke Jabotabek akan mencapai 134 ribu kendaraan per hari.

"Untuk melayani tingginya volume lalu lintas harian tersebut, maka diperlukan rekayasa lalu lintas. Bersamaan dengan pembatasan kendaraan angkutan barang, untuk dapat mengurai kepadatan di segmen Km 66 hingga Km 48 Jalan Tol Jakarta-Cikampek dengan Volume per Capacity Ratio (VCR) di bawah batasan yang disepakati 0,8,” jelas Lisye.

Untuk itulah, Jasa Marga siap mendukung penambahan waktu pengaturan lalu lintas angkutan barang yang semula berakhir pada Rabu.26 April 2023 pukul 08.00, diperpanjang hingga Jumat 28 April 2023 pukul 24.00 waktu setempat.

Pengaturan tersebut akan berlaku di ruas jalan tol sebagai berikut:

1. DKI Jakarta – Banten: Jakarta – Tangerang – Merak.

Baca juga : Arus Balik, Pemerintah Terbitkan SKB Pengaturan Lalu Lintas, Ini Isinya...

2. DKI Jakarta dan Jawa Barat:

a) Jakarta – Bogor – Ciawi – Cigombong

b) Cigombong – Cibadak (Fungsional)

c) Bekasi – Cawang – Kampung Melayu

d) Jakarta – Cikampek

3. Jawa Barat:

a) Cikampek – Purwakarta – Padalarang – Cileunyi

b) Cikampek – Palimanan – Kanci

c) Jakarta – Cikampek II Selatan (Fungsional)

d) Cileunyi – Cimalaka

Baca juga : Erick Pastikan, Pelayanan Publik BUMN Tetap Terjaga

e) Cimalaka – Dawuan (Fungsional)

4. Jawa Barat - Jawa Tengah: Kanci – Pejagan

5. Jawa Tengah:

a) Pejagan – Pemalang – Batang – Semarang

b) Krapyak – Jatingaleh (Semarang)

c) Jatingaleh – Srondol (Semarang)

d) Jatingaleh – Muktiharjo (Semarang)

e) Semarang – Solo – Ngawi

f) Semarang – Demak

g) Jogja – Solo (Fungsional)

Baca juga : Menhub: Kita Improve Dibanding Tahun Lalu

Selanjutnya, pengaturan pembatasan kendaraan angkutan barang akan dilanjutkan sesuai dengan SKB sebelumnya yang berlaku mulai Sabtu 29 April 2023 pukul 00.00 sampai Selasa, 2 Mei 2023.pukul 08.00 waktu setempat, di ruas jalan tol yang telah ditetapkan dalam SKB sebelumnya.

Jasa Marga juga akan mendukung penambahan ketentuan waktu untuk penerapan rekayasa lalu lintas one way, contraflow, dan ganjil-genap yang dijadwalkan pada Rabu, 26 April 2023 hingga hari Jumat 28 April 2023, setiap pukul 08.00 hingga pukul 24.00 waktu setempat di titik lokasi sebagai berikut:

One way: KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung s.d KM 72 Cikampek

Contraflow: KM 72 Cikampek s.d KM 47 Karawang Barat Ganjil-Genap: KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung s.d KM 72 Cikampek

Ketentuan waktu untuk penerapan rekayasa lalu lintas One Way, Contraflow, dan ganjil-genap akan dilanjutkan sesuai dengan SKB sebelumnya, yang dijadwalkan mulai Sabtu 29 April 2023 pukul 14.00 sampai Selasa 2 Mei 2023 pukul 08.00 waktu setempat.

“Dalam hal terjadi perubahan arus lalu lintas secara tiba-tiba atau situasional, pihak Kepolisian dapat melaksanakan manajemen operasional berupa diskresi petugas Kepolisian,” pungkas Lisye.

Pastikan kecukupan BBM dan saldo e-toll untuk menghindari antrean di gerbang tol. Serta pastikan kondisi kendaraan maupun pengendara dalam kondisi prima.

Saat memasuki GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk mematuhi rambu dan arahan petugas.

Pantau kondisi lalu lintas melalui CCTV real time di jalan tol melalui aplikasi Travoy.

Informasi lalu lintas terkini dan permintaan pelayanan lalu lintas, juga bisa didapatkan melalui One Call Center Jasa Marga di nomor 14080, Twitter @PTJASAMARGA, aplikasi Travoy dan media sosial resmi Jasa Marga. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.