Dark/Light Mode

APFI 2023 Resmi Dibuka Di Surabaya, 13 Foto Terbaik Dari 7 Kategori Dipilih

Sabtu, 13 Mei 2023 23:07 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) resmi dibuka di Surabaya, Jumat (12/5), setelah pada 2022 lalu digelar di Medan, Sumatera Utara. APFI 2023 telah menyeleksi 2.512 karya foto yang dihasilkan 300 wartawan di Indonesia.

Selama 12 jam, dewan juri memilih 13 foto terbaik dari 7 kategori. Panitia pelaksana mengundang seluruh penerima Anugerah ke kota Surabaya untuk menerima trophy APFI.

Membuka acara, Ketua Umum PFI Nasional Reno Esnir mengucapkan selamat kepada para penerima Anugerah.

Pihaknya juga berterima kasih kepada jajaran pemerintah provinsi dan kota, PFI Surabaya, serta seluruh stakeholder yang telah mendukung gelaran APFI.

Baca juga : Resmikan Rumah Sakit Mayapada, Jokowi: Masyarakat Tak Perlu Berobat ke Luar Negeri

"Selamat kepada seluruh penerima Anugerah, semoga foto-foto yang membanggakan ini bisa menjadi penyampai pesan kepada khalayak dan pemerintah,” harap Reno. 

Pada ajang ini, penerima Photo of The Year adalah Guslan Gumilang. Guslan memotret secara dekat salah satu korban tragedi sepakbola stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Sedangkan kategori PFI Kota Award, diraih PFI Surabaya (Best Management Award) dan PFI Solo (Best Performance Award).

PFI Kota Award merupakan penghargaan untuk pengurus PFI Kota yang dinilai memiliki kontribusi dan prestasi yang baik dalam satu tahun terakhir.

Baca juga : Keren Euy, Aplikasi Haji Pintar Dapat Penghargaan Terbaik Dari Kementerian Saudi

Ketua PFI Surabaya Suryanto berharap, ajang APFI 2023 ini dapat memberikan khasanah baru bagi dunia foto jurnalistik Tanah Air.

“Mewakili PFI Surabaya saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan PFI Nasional yang sudah memilih Surabaya sebagai tuan rumah APFI,” ujar Suryanto, dalam sambutannya

Ketua panitia APFI 2023, Miftahulhayat, menyampakaikan harapan senada.

Alhamdulillah Wa Syukurillah, terima kasih kepada Pemprov Jawa Timur, Pemkot Surabaya, PFI Surabaya, pengurus PFI Kota se-Indonesia, dan seluruh panitia yang telah bekerja keras hingga larut pagi dalam mempersiapkan agenda kebanggaan wartawan foto Tanah Air ini,” tutur Miftah.

Baca juga : Nobar Piala Dunia Di Golkar DKI, Penonton Teriak Zaki Gubernur DKI

Acara ini juga dirangkai dengan pameran foto yang digelar di Alun-Alun Surabaya. Masyarakat yang ingin menyaksikan foto-foto penerima APFI dapat berkunjung ke Alun-Alun Surabaya, dari 12 Mei hingga 18 Mei mendatang.

Acara ini juga diisi diskusi foto hingga kisah di balik foto para penerima anugerah bersama dewan juri dan penerima anugerah. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.