Dark/Light Mode

Jadi Proyek Terbesar Di Asia Tenggara

130 Pengusaha Singapura Kepincut Investasi Di IKN

Rabu, 31 Mei 2023 06:45 WIB
Suasana proyek pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (30/5/2023). Progres pembangunan IKN Nusantara secara keseluruhan hingga saat ini telah mencapai 29,45 persen. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp).
Suasana proyek pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (30/5/2023). Progres pembangunan IKN Nusantara secara keseluruhan hingga saat ini telah mencapai 29,45 persen. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp).

 Sebelumnya 
Duta Besar Singapura untuk Indonesia Kwok Fook Seng bahkan sejak Senin sudah tiba di Balikpapan. Dubes Kwok akan mendampingi para pengusaha dari Singapura untuk kunjungan ke IKNNusantara Rabu (31/5).

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga dijadwalkan hadir saat para pengusaha Singapura berada di Ibu Kota Nusantara.

Menteri Luhut ditunjuk Presi­den Jokowi sebagai Ketua Satuan Tugas Percepatan Pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Baca juga : 130 Pengusaha Singapura Kunjungi IKN Nusantara

Para pengusaha dari Singapura yang hadir di Balikpapan datang dari berbagai latar bela­kang. Dari lembaga Pemerintah Singapura, hadir Enterprise Singapura. Sementara para pengusaha lainnya bergerak di bidang energi, transportasi, logistik, konstruksi, properti, perdagangan dan keuangan.

Ang Boon Kian dari SPIC yang ikut dalam rombongan mengata­kan, pihaknya tertarik investasi di bidang energi. Khusus energi tenaga surya di Nusantara.

“Kami sudah dua kali berkun­jung ke Jakarta dan bertemu para pejabat dari OIKN. Kali ini saya berharap bisa melihat langsung lokasi, karena kami benar-benar ingin ikut investasi di bidang energi di Nusantara,” ujar Ang.

Baca juga : Pengusaha Asal Minang Kunjungi Sekolah Tertua

Bambang Susantono men­egaskan, pembangunan IKN masih on the track. Menurutnya, banyak delegasi dari dalam dan luar negeri datang melihat progres pembangunan IKN. Mereka mempertanyakan dan ingin membuktikan keseriusan Pemerintah Indonesia membangun Ibu Kota baru.

Soal infrastruktur, kata dia, jalan tol IKN-Balikpapan sedang diker­jakan, yang nantinya akan mem­perpendek waktu perjalanan dari 1,5 jam menjadi sekitar 30-40 menit.

Selain itu, Bendungan Sepaku-Semoi telah rampung dan siap menyuplai air baku ke IKN. Di kawasan inti pusat pemerintahan IKN, jalan-jalan akses terus dikerjakan. Bahkan, sebagian telah dipergunakan untuk pengangku­tan logistik pembangunan.

Baca juga : Jokowi dan Presiden Iran Dukung Palestina Hingga Jajaki Investasi IKN

Pembangunan gedung vital juga masih berjalan. Seperti Istana Presiden dan kantor ke­menterian koordinator serta perumahan pejabat negara.

“Pada tahap pertama, ada sekitar 300 paket investasi yang siap ditawarkan pada para in­vestor. Termasuk penyediaan sarana dan prasarana di bidang perumahan, transportasi dan energi,” ungkapnya.

Kemudian, OIKNjuga melaku­kan reforestasi atau penanaman kembali hutan di IKN. Hal ini sangat penting, lantaran Indone­sia sering kali dituding melaku­kan deforestasi di hutan-hutan, terutama di hutan Kalimantan. “Justru di IKNkami melakukan reforestasi,” ujarnya. ■  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.