Dark/Light Mode

Cetak Laba Terbesar Sepanjang Sejarah, Pengamat Apresiasi Kinerja PLN

Jumat, 5 Mei 2023 09:38 WIB
Ilustrasi. Kantor Pusat PLN. (Dok. PLN)
Ilustrasi. Kantor Pusat PLN. (Dok. PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keberhasilan PT PLN (Persero) mencatatkan laba bersih terbesar sepanjang sejarah dalam kinerja keuangan tahun 2022 menjadi bukti keberhasilan transformasi perseroan.

Berdasarkan laporan keuangan 2022 (audited), PLN mencatatkan laba bersih sebesar Rp 14,4 triliun atau lebih tinggi 124 persen dari target yang ditetapkan Pemerintah sebesar Rp 6,4 triliun.

Peneliti Asosiasi Ekonomi dan Politik Indonesia (AEPI) Salamudin Daeng menjelaskan capaian kinerja PLN selama 2022 seakan membalikkan keadaan beberapa tahun sebelumnya.

Menurutnya, pada 2020 PLN mengalami loversupply listrik mencapai 30 persen. Untuk itu, dia mengapresiasi sejumlah gebrakan yang dilakukan PLN untuk mendongkrak kinerja keuangan.

Baca juga : Dubes Jepang Kenji Kanasugi Serahkan Penghargaan Pada Alumni Pekerja Magang

“Sebenarnya, sekarang keluar dari zona rugi saja sudah untung. Ternyata, setelah melihat laporan keuangannya, ada kenaikan dari penjualan, dan tentu ini juga faktor dari pemulihan ekonomi,” ujarnya, Rabu (3/5).

PLN berhasil meningkatkan penjualan listrik sebesar 6,3% dari 257,6 Terrawatt hour (TWh) pada tahun 2021, menjadi 273,8 TWh pada 2022.

Hal ini berdampak pada meningkatnya pendapatan penjualan tenaga listrik 7,7 persen dari Rp 288,9 triliun pada tahun 2021, menjadi Rp 311,1 triliun pada tahun 2022.

Salamudin mengatakan PLN sulit melakukan pengembangan bisnis, karena aturan pemerintah yang ketat.

Baca juga : Al Dan El Gabung Gerindra, Pengamat: Gerindra Partai Futuristik

"Untuk itu, apabila PLN ingin melakukan inovasi, harus mengikuti aturan-aturan yang ada," katanya.

Dia mencontohkan, seperti ketentuan tarif dasar listrik, harga batubara ataupun gas bumi yang sudah ditetapkan pemerintah.

“Kalau dicermati dari laporan keuangan PLN (2022), terjadi beberapa penyusutan biaya di beberapa bidang dan itu sangat membantu. Dari hal ini, efisiensi terlihat dilakukan,” ujarnya.

Kinerja moncer PLN pada tahun lalu juga diakui datang dari solidnya koordinasi di internal perusahaan.

Baca juga : Kenal Sejak Di Kopassus, Agum Gumelar Apresiasi Kinerja Prabowo Sebagai Menhan

Salamudin mengatakan hal itu tampak terjadi dari mulusnya proses Holding – Subholding di tubuh PLN.

Kesuksesan ini juga dapat diterjemahkan sebagai wujud nyata transformasi yang dilakukan PLN memang berjalan dengan baik.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.