Dark/Light Mode

Pengadaan Barang/Jasa

Pemprov Jatim Terapkan Pembayaran Digital Melalui Mitra Toko Daring LKPP

Rabu, 31 Mei 2023 20:24 WIB
Kiri - Kanan : Andhie Saad, CCO Mbizmarket - Herdian Yoki Pradipta, CTO Mbizmarket - Endy Alim Abdi Nusa, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemprov Jawa Timur. (Foto: Istimwwa)
Kiri - Kanan : Andhie Saad, CCO Mbizmarket - Herdian Yoki Pradipta, CTO Mbizmarket - Endy Alim Abdi Nusa, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemprov Jawa Timur. (Foto: Istimwwa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur menggelar ajang E-purchasing Award 2023 di Grand City Convention & Exhibition Surabaya, Senin (29/5).

Kegiatan ini digelar untuk mempercepat dan mendorong transformasi digital dalam bidang pengadaan barang/jasa kebutuhan Jawa Timur melalui metode e-purchasing.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN), khususnya terkait pengadaan PDN melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yang sekaligus untuk mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang hadir membuka acara E-purchasing Award 2023 menyampaikan bahwa Pemprov Jatim berkomitmen untuk mendukung kebijakan Presiden Jokowi terkait percepatan penerapan produk Usaha Mikro Kecil dan koperasi melalui sistem e-purchasing pada pelaksanaan pengadaan barang/jasa (PBJ) di lingkungan pemerintah.

Baca juga : Ngobrol Bareng Legislator: Perlindungan Data Digital Bagian Dari HAM

Pengadaan digital (e-purchasing) di Jawa Timur dilakukan melalui program yang dikenal dengan sebutan Jawa Timur Belanja Online (Jatim Bejo) yang diluncurkan pada November 2020.

Jatim  Bejo terhubung dengan marketplace mitra Toko Daring Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Kini pemanfaatan marketplace untuk pengadaan barang/jasa di Jawa Timur semakin digalakkan, karena platform marketplace telah diperkuat dengan teknologi dan infrastruktur yang lebih baik.

Transaksi pembayaran atas pembelian barang/jasa di marketplace dapat dilakukan secara online, terhubung langsung dengan BPD Jawa Timur, dan terintegrasi dengan sistem Direktorat Jendral Pajak (DJP) Republik Indonesia.

Baca juga : GGN Jatim Sediakan 500 Paket Telur Dalam Bazar Murah

Dengan terealisasinya hal ini, maka Pemprov Jatim merupakan Pemerintah Provinsi pertama di Indonesia yang menerapkan pembayaran pengadaan barang/ jasa melalui marketplace mitra Toko Daring LKPP secara online dengan memanfaatkan fitur online payment yang terintegrasi dengan sistem Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Republik Indonesia.

“Terima kasih atas kebersamaan (yang kita bangun selama ini) yang menurut saya akan memberikan nilai tambah strategis untuk hari ini, dan yang akan datang," ujar Khofifah dalam keterangannya, Selasa (30/5).

Khofifah menambahkan, semua telah membangun komitmen, bagaimana memaksimalkan melakukan pengadaan barang dan jasa yang menyasar ke produk-produk UMKM.

Terkait hal tersebut, Pemprov Jatim juga telah meningkatkan nilai transaksi belanja melalui Toko Daring, yang tadinya maksimal hingga Rp 50 juta per transaksi, sekarang menjadi Rp 200 juta per transaksi, untuk pengadaan barang/jasa kebutuhan pemerintah atas berbagai produk UMKM.

Baca juga : Dana Pemda Terus Mengendap Saat Banyak Jalan Daerah Rusak

"Selanjutnya adalah bagaimana kita dapat menguatkan ekosistem (pengadaan) digital, baik melalui e-marketplace, maupun melalui e-katalog” ungkap Khofifah.

Pada acara tersebut Khofifah juga memberikan penghargaan kepada Bupati dan Walikota, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang telah secara maksimal mengimplementasi belanja pengadaan barang jasa kebutuhan pemerintah melalui program Jatim Bejo.

Berikut adalah kabupaten dan kota yang menerima penghargaan; Pemerintah Kota Malang, Pemerintah Kota Kediri, Pemerintah Kabupaten Malang, Pemerintah Kabupaten Situbondo, dan Pemerintah kota Batu.

Perangkat Daerah yang menerima penghargaan dengan total pesanan dan transaksi terbanyak adalah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya Provinsi Jawa Timur, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Timur, serta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.