Dark/Light Mode

Aktualisasikan Nilai-nilai Pancasila, KEK Jadi Energi Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Jumat, 2 Juni 2023 09:14 WIB
Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian selaku Plt Sekretaris Jenderal Dewan Nasional KEK Susiwijono Moegiarso (kanan) saat memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, di lokasi KEK Gresik, Kamis (1/6). (Foto: Istimewa)
Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian selaku Plt Sekretaris Jenderal Dewan Nasional KEK Susiwijono Moegiarso (kanan) saat memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, di lokasi KEK Gresik, Kamis (1/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni, yang merujuk pada momen sidang BPUPKI dalam upaya merumuskan dasar negara Republik Indonesia, selalu mempunyai makna tersendiri bagi bangsa Indonesia.

Apalagi di tengah tantangan dinamika global yang penuh ketidakpastian, di mana Indonesia termasuk satu dari sedikit negara yang mampu menjaga kestabilan ekonomi, sosial dan politik.

Semua ini anugerah Tuhan YME, berkat persatuan dan kesatuan, serta kerja keras dan gotong royong kita, sehingga menjadi bangsa yang dipercaya dan disegani dunia.

Baca juga : Bamsoet Tegaskan, Pancasila Layak Dijadikan Rujukan Peradaban Dunia

Inilah esensi dari nilai-nilai ideologi Pancasila. Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya, merupakan Falsafah Dasar, Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi, Kekuatan Pemersatu Bangsa, dan Sumber dari Segala Sumber Hukum Negara.

Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Sejalan dengan tagline Hari Lahir Pancasila pada tahun 2023 ini yaitu “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”, Pemerintah telah melakukan berbagai macam transformasi kebijakan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan daya saing nasional guna terciptanya peradaban yang lebih baik bagi generasi di masa mendatang.

Baca juga : Aktualisasi Nilai Pancasila, Waka BPIP Gandeng Perguruan Tinggi

Salah satu transformasi kebijakan yang telah dilaksanakan adalah melalui pengembangan sektor-sektor baru di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang disertai dengan pemberian sejumlah relaksasi dalam wujud insentif fiskal dan non fiskal untuk mendorong KEK sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru di daerah-daerah di seluruh Indonesia.

Undang-undang Nomor 6 Tahun 2023 tentang Cipta Kerja memiliki peran penting dalam menciptakan ekosistem bisnis dan investasi yang kondusif dengan memberikan kepastian, kejelasan, dan kemudahan dalam berbisnis.

Melalui fasilitas kemudahan yang telah diberikan, KEK diharapkan mampu meningkatkan daya saing Kawasan dan menarik investasi baru.

Baca juga : Tak Hanya Kurangi Emisi, Kendaraan Listrik Dorong Pertumbuhan Ekonomi UMKM

“Sesuai dengan tagline hari lahir Pancasila 2023: Aktualisasi Pancasila, Energi Pertumbuhan Indonesia, kita bersama seluruh jajaran Dewan Nasional KEK dan BUPP serta para Pelaku Usaha di KEK di seluruh Indonesia," ujar Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian selaku Plt Sekretaris Jenderal Dewan Nasional KEK Susiwijono Moegiarso saat memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, di lokasi KEK Gresik, Kamis (1/6).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.