Dark/Light Mode

Erick Optimistis, Setoran Dividen BUMN 2024 Bisa Kembali Tembus Rp 80,2 Triliun

Senin, 5 Juni 2023 23:12 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Antara)
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir optimistis dapat mempertahankan kontribusi badan – badan usaha milik negara pada tahun 2024, setinggi tahun 2023.

Untuk diketahui, target setoran dividen tahun 2024 telah ditetapkan sebesar Rp 80,2 triliun. Sama dengan setoran dividen BUMN tahun 2023.

Erick bilang, perolehan dividen tahun 2023 yang disetorkan ke kas negara sebesar Rp 80,2 triliun merupakan pencapaian bersejarah. Sebelumnya, tidak pernah setinggi itu.

Baca juga : Ekspansi Bisnis, Kimia Farma Siap Gelontorkan Capex Rp1,2 Triliun

Hal tersebut merupakan prestasi semua pihak. Selain Kementerian BUMN sebagai pengawas dan pengelola, termasuk Dewan Komisaris dan Dewan Direksi, juga ada peran parlemen yang mendukung kebijakan pengembangan BUMN.

“Ini adalah prestasi bersama, sehingga bisa memberikan dividen Rp 80,2 triliun. Karena itu, pada tahun 2024, kami memberanikan diri menjaga dividen Rp 80,2 triliun, mengingat kinerja BUMN pada saat ini kian membaik,” ujar Erick dalam Rapat Kerja Bersama Komisi VI DPR RI di Jakarta, Senin (5/6).

Menurutnya, kinerja BUMN yang membaik itu sudah merata. Dari 41 perusahaan, yang tidak menghasilkan profit hanya sekitar 5 – 8 BUMN. Selebihnya sudah mencetak laba.

Baca juga : 3 Hari Digelar, Transaksi China Trade Fair Indonesia Capai Rp 42 Triliun

Pencapaian laba pada sebagian besar BUMN itu merupakan buah dari transformasi dan efisiensi yang dilakukan.

Perolehan tersebut akan terus dijaga dengan mempertimbangkan kondisi geopolitik hingga persaingan ekonomi yang cukup berat di antara negara – negara di dunia saat ini, sehingga menyebabkan rantai pasok terganggu.

“Termasuk, perkembangan digital dan peraturan di berbagai negara. Ini patut diantisipasi,” pungkas Erick. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.