Dark/Light Mode

RI-Korea Komit Bangun Ekosistem ICT Bawa UKM Indonesia Go Global

Selasa, 6 Juni 2023 16:45 WIB
Menkop UKM Teten Masduki di acara 2023 Indonesia Korea ICT Business amp; Contest Partnership yang diselenggarakan oleh Ministry of Science and ICT Republic of Korea di Fairmont Hotel Jakarta, Selasa (6/6). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menkop UKM Teten Masduki di acara 2023 Indonesia Korea ICT Business amp; Contest Partnership yang diselenggarakan oleh Ministry of Science and ICT Republic of Korea di Fairmont Hotel Jakarta, Selasa (6/6). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menyatakan komitmennya bersama Pemerintah Republik Korea (Korea Selatan/Korsel) membangun ekonomi dan bisnis UKM, khususnya di bidang Teknologi Informasi (Information and Communication Technology/ICT).

Harapannya, dalam kerja sama bisnis tersebut mampu meningkatkan kapasitas dan level UKM go global.

Baca juga : Ganjar Dorong Gen Z Rawat Dan Kembangkan Seni Budaya Indonesia

Teten mengatakan, RI dan Koreai sudah ada kerja sama dengan Korsel terutama di bidang teknologi yaitu pengembangan startup. Indonesia menjadi negara ke-5 yang memiliki jumlah startup terbanyak mencapai 2.600.

"Ini adalah potensi yang akan dikerjasamakan dengan Korsel membawa startup juga UKM Indonesia go global,” ungkap Teten dalam acara 2023 Indonesia Korea ICT Business & Contest Partnership yang diselenggarakan oleh Ministry of Science and ICT Republic of Korea di Fairmont Hotel Jakarta, Selasa (6/6).

Baca juga : Indonesia Nihil Gelar

Teten apresiasi kepada Pemerintah Republik Korea, khususnya Kementerian Ilmu Pengetahuan, Informasi, Komunikasi, dan Teknologi dalam menjajaki peluang dan kerja sama di bidang digitalisasi UKM.

Sebelumnya, dalam rangka memperingati 50 tahun hubungan bilateral Republik Indonesia (RI) dan Republik Korea, telah ditandatangani Nota Kesepahaman antara Kementerian Koperasi dan UKM dengan Kementerian UKM dan Start-Up Republik Korea pada 13 November 2022 di Bali.

Baca juga : Perempuan Pengusaha Indonesia Serukan Kerja Sama Global

Melalui Nota Kesepahaman ini, bersama ini menyampaikan Indonesia dan Korea telah mengimplementasikan beberapa program atau kegiatan. Antara lain Green Business Center, Knowledge Sharing Program (KSP), Official Development Assistance (ODA) Project, Korea-ASEAN Business Model Competition, dan Ecothon Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.